Curug Longan

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Bumijawa
  10845 kali   7°10'18.5"S 109°8'24.2"E

Curug Longan, Bumijawa, TegalTidak ada bosannya menikmati keindahan alam Tegal. Terutama ketika kita bertandang ke daerah Bumijawa, kini ada satu lagi curug atau air terjun yang sanggup membuat mata kita terpesona. Curug Longan namanya, longan dalam bahasa Indonesia berarti "kolong". Tidak salah memang, karena lokasi curug ini berada di bawah jembatan yang melintang di atas aliran Sungai Gung. Namun jika dilihat dari atas jembatan, curug ini tidak terlihat, karena posisinya diapit dua buah bukit. Bukit yang seperti bentuk perahu terbalik.

Tidak sulit untuk mengakses curug ini, dari pusat kota seperti Kota Tegal atau dari Slawi, ikuti jalan ke arah Yomani - Kalibakung, hingga bertemu Pertigaan Tuwel, jika ke arah kiri menuju ke Guci, ke arah kanan, ke arah Bumijawa. Ambil kanan. Dari pertigaan ambil kanan ke arah Pabrik Air Minum Adi / Sulaku Bumijawa Park, sekitar 1,6 KM hingga menemui sebuah jembatan yang berada di dekat "Bukit Perahu Terbalik". Kendaraan bisa diparkir di dekat sana, dilanjutkan menuruni jembatan menuju ke aliran Sungai Gung. Hati-hati, karena jalan setapak ke bawah cukup curam. Lanjutkan berjalan ke arah timur sekitar 100 meter. Nah, sampailah di Curug Longan.

Sepintas, secara fisik curug ini mirip dengan Curug Luhur namun dengan versi mininya, tingginya hanya sekitar 5 meter. Airnya relatif jernih dan dingin. Arus airnya juga tidak terlalu besar sehingga terbilang aman untuk bermain di bawahnya. namun harus tetap waspada jika terjadi hujan.

Areal sekitaran jembatan ini hampir setiap week end selalu ramai, karena menjadi salah satu spot untuk berkumpul. Selain tidak terlalu ramai, pemandangan di sini juga patut dicungi jempol. Dan yang paling utama, udaranya masih bersih dan segar!

Jadi, sudah menentukan liburan akhir pekan kali ini? :)

 Air Terjun 





Radius 10 KM dari Curug Longan



comments powered by Disqus

Lokasi

Jalan Raya Bumijawa, Kabupaten Tegal