Bukit Bintang Guci

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Guci
  21389 kali   7°11'41.0"S 109°9'4.4"E

Bukit Bintang Guci TegalBelum ada nama nama khusus untuk spot ini, warga sekitar hanya menebut bukit dengan kebon teh'an. Namun kenapa dinamakan Bukit Bintang? Merujuk dari Bukit Bintang di kota lain yang bisa melihat keindahan kerlipan lampu rumah penduduk dari atas bukit, bukit yang masih berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal juga menawarkan pengalaman yang hampir sama. Namun bedanya adalah tempat in imasih terbilang sunyi danjauh dari polusi udara, polusi suara, maupun polusi cahaya. Sehingga dengan mudah kita bisa melihat kerlip bintang maupun lampu-lampu rumah penduduk yang terlihat apik dari atas bukit.

Setiap arah mata angin, menawarkan view yang berbeda. Jika melihat ke arah utara, terlihat wilayah Bumijawa hingga Kota Tegal. Di arah timur, sunrise dan perkampungan penduduk yang masuk ke dalam Desa Guci. Sebelah selatan akan tampak kegagahan Gunung Slamet. Dan sebelah barat sendiri akan terlihat deretan perbukitan. Siang bisa melihat perbukitan dan Gunung Slamet, malam harinya jika langit sedang terang, akan terlihat jelas bintang-bintang dan lampu-lampu rumah penduduk.

Untuk menuju Bukit Bintang, gunakan jalur ke arah Mentik atau dari SD N 2 Guci. Kemudian kita hanya bisa berjalan kaki sekitar 10 menit melewati perkebunan warga dari lokasi parkir kendaraan. Cukup sulit karena tanahnya cukup labil. Sehingga disarankan melakukan perjalanan ketika hari masih terang.

Jika ingin melakukan camping di tempat ini, pastikan untuk melakukan ijin kepada penduduk sekitar. Tidak ada fasilitas umum yang tersedia, bahkan sumber air pun cukup jauh. Suhu di tempat ini cukup dingin, terutama setelah pukul 4 pagi, suhu bisa mencapai 20 C. Sehingga pastikan untuk mempersiapkan jaket yang cukup tebal. Namun suhu sedingin itu tidak akan terasa ketika kita melihat sunrise dan Gunung Slamet di pagi hari. Sebagai informasi, Bukit Bintang ini tanahnya datar sehingga bisa menampung sekitar 40-an orang.

Meskipun tempat ini belum banyak yang tau, jangan sampai tempat ini dikotori oleh tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. Seperti membuang sampah sembarangan atau merusak alam. Tertarik untuk camping di sini? Bisa juga lho hubungi kami :)

 Bukit 





Radius 10 KM dari Bukit Bintang Guci



comments powered by Disqus

Biaya Masuk

Gratis