Curug Luhur

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Sokasari
  23949 kali   7°9'44.7"S 109°8'9.4"E

Curug Luhur Bumijawa & Bojong, Kabupaten TegalJika kita menelusuri aliran Kali Gunung, dari hulu hingga ke hilir, banyak hal yang bisa kita temukan, salah satunya adalah adanya air terjun atau biasa juga disebut curug. Kali ini kita akan membahas keindahan dari Curug Luhur. Salah satu curug tertinggi disepanjang aliran Kali Gung.

Curug Luhur berada di antara daerah Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa dan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong (Dukuh Kopigandu) dan semuanya berada di Kabupaten Tegal ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter-an. Jika ditarik dari permukaan laut, Curug Luhur berada di ketinggian 1000mdpl. Karena posisinya yang berada di pegunungan, hawa sejuk akan langsung terasa di tempat ini.

Air terjun ini sangat indah, curug ini seakan berada di sebuah mangkuk kolam yang luas yang airnya hanya semata kaki orang dewasa dengan airnya yang jernih. Sehingga kita bisa langsung melihat batu-batuan kecil di bawahnya. Pada tebing-tebingnya ditumbuhi lumut, pohon yang merambat, dan akar-akar pohon yang menyebul dari balik tebing.

Untuk menuju tempat ini memiliki dua buah jalur, yaitu jalur Sokasari (start Pasar Bumijawa) dan Dukuhgandu (start Pertigaan Tuwel). Namun bagi pemula, disarankan melewati jalur yang kedua. Dari Pertigaan Tuwel kita ambil kanan arah Bumijawa. Sampai di SMAN 1 Bojong, ambil kanan lalu masuk Dukuh Kopigandu. Dari sana kita bisa langsung tracking menuju lokasi dan akan melewati jalan setapak dan sawah-sawah. Jalur ini tidak se-ekstrim jalur Sokasari dan jaraknya pun lebih dekat.

 Air Terjun 





Radius 10 KM dari Curug Luhur



comments powered by Disqus

Lokasi

Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa dan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong (Dukuh Kopigandu) , Kabupaten Tegal