Mata Air Bulakan

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Bumijawa
  8535 kali   7°10'3.0"S 109°7'27.8"E

BulakanSumber mata air Bulakan merupakan sumber mata air yang terletak di Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal dengan ketinggian sekitar 1.600 m dpl.

Sekilas jika kita baca mungkin tidak ada menariknya sama sekali, namun jika sudah berada di Bulakan, suasananya jauh berbeda dengan apa yang kita bayangkan. Lokasinya berada di tengah hutan yang masih asri dan untuk menuju ke mata airnya, kita melalui jalan yang masih terbuat dari tanah. Bagi yang suka berpetualang, Bulakan sangat cocok sekali untuk dijelajahi.

Air yang ada di sumber mata air ini tidak pernah surut meskipun di musim kemarau. Airnya pun sangat segar dan jernih dan bisa langsung diminum. Jadi tidak salah jika mata air ini digunakan oleh PDAM Kota Tegal dan perusahaan air minum kemasan “ADI”.

Biasanya pada hari-hari tertentu seperti Maulid Nabi Muhammad SAW diadakan upacara pembersihan bende yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Upacara tersebut terdapat arak-arakan “awul-awul” atau boneka-boneka besar dari bambo seperti ondel-ondel yang dilakukan pada malam hari. Tidak hanya itu saja, biasanya terdapat pasar dan hiburan rakyat.

Warga sekitar menamainya dengan Bulakan karena pada malam hari air yang keluar pada mata air ini “bulak-bulak” atau seperti bunyi air mendidih. Unik bukan?

 Mata Air 





Radius 10 KM dari Mata Air Bulakan



comments powered by Disqus

Lokasi

Bumijawa