Curug Kaliputih

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Guci
  22338 kali   7°11'13.5"S 109°9'17.8"E

Curug Kaliputih, Guci, Bumijawa, TegalEdisi Wisata Tegal kali ini kembali membahas mengenai salah satu curug di Kabupaten Tegal. Kebanyakan curug-curug baru yang diketemukan, hanya bisa dilewati saat musim kemarau seperti ini karena faktor keamanan dan mudahnya akses ketika harus menyusuri aliran sungai. Sama seperti curug lainnya, curug ini belum memiliki nama khusus. Karena berada di DAS Kaliputih, Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, maka penduduk menyebutnya dengan Curug Kaliputih.

Menuju Curug Kaliputih bisa disebut sebagai trip komplit menjelajahi curug, bagaimana tidak. Ada sekitar 4 curug yang bisa dinikmati. Awalnya, akan melewati Curug Sikunang (begitu warga sekitar menyebutnya) dengan aliran air dari Curug Sigeyong. Kemudian ada curug kedua yang kami sendiri belum tau namanya, tingginya sekitar 3 meter meskipun tidak terlalu tinggi, namun airnya deras. Ketiga, Curug Kaliputih ini sendiri, dan yang terakhir ada curug lagi di sebelah utaranya Curug Sikunang.

Sebenarnya curug-curug tersebut lokasinya tidak terlalu susah, namun butuh tenaga ekstra karena tracknya yang lumayan jauh dan menyusuri sungai. Sangat cocok dilewati ketika musim kemarau seperti ini, mekipun curug yang akan kita temui airnya tidak begitu deras.

Untuk menuju tempat ini, gunakan jalan ketika akan menuju ke OW Guci. Sebelum pintu gerbang OW Guci (bagian tiketing) ada sekolah MI Islamiyah Kemaron, sampai sini, kendaraan bisa dititipkan ke rumah penduduk. Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kakaki ke arah selatan dan menemukan 2 buah aliran sungai, di sebelah timur ( di bawah jembatan) merupakan aliran Kaligung, dan sebelah barat adalah Kaliputih. Nah pertemuan di kedua aliran sungai ini, ada Curug Sikunang.

Sepanjang aliran sungai, kita akan menemui semacam padang rumput daunnya sangat hijau, rumoutnya tidak terlalu tinggi, semata kaki orang dewasa. Namun tidak disarankan untuk menginjak area ini, karena dimungkinkan rusak, tanahnya juga gambut, sehingga kita akan terperosok ke dalam tanah. Cukup dipandang atau berfoto disampingnya mungkin pilihan yang tepat.

Curug Kaliputih memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Pada musim penghujan, airnya sangat deras sehingga pada dinding-dinding bukitnya ikut memancarkan air. Airnya juga sangat jernih dan sejuk bila langsung mengenai tubuh kita. Lokasinya yang terpencil, membuat suasananya semakin asri dengan banyaknya pepohonan di sekitaran curug. Pemandangan menuju curug ini juga patut diacungi jempol lho, melewati perkebunan penduduk, melewati bukit-bukit yang indah dan aliran air yang bersih akan membuat perjalanan ini tidak akan pernah terlupakan.

Bagi yang ingin ke sini, pastikan untuk mempersiapkan tenaga ekstra dan tak lupa, tetap menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi hingga mencorat-coret atau merusak tanaman. Biarkan mereka tetap lestari hingga kita bisa menikmatinya kembali suatu saat nanti. Selamat berpetualang :)

Terima kasih Arbasir

 Air Terjun Sungai 





Radius 10 KM dari Curug Kaliputih



comments powered by Disqus

Lokasi

DAS Kaliputih, Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal