Curug Penganten, Bumijawa

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Bumijawa
  31989 kali   7°9'33.2"S 109°8'15.8"E

Curug Penganten, Bumijawa, tegalMenuju air terjun kembar ini sama dengan jalur menuju Curug Luhur, karena lokasi dari Curug Penganten sendiri di atas Curug Luhur yang jaraknya sekitar 500 meter. Cukup berjalan kaki beberapa menit dengan melawan aliran sungai, kita sudah sampai di air terjun yang berjumlah dua buah ini. Curug yang bersumber dari aliran Sungai Gung ini memiliki ketinggian sekitar 10-14 meter. Secara administratif, Curug Penganten masuk ke dalam wilayah Dukuh Bandarsari, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Pada curug di sebelah kanan arah alirannya airnya cenderung turun ke bawah, sedangkan curug pasangannya, arah alirannya cenderung memancar dengan arus yang lebih deras. Maka dari itu curug ini disebut dengan Curug Penganten. Posisi curug inijuga tersembunyi karena tertutup oleh bukit.

Meskipun berbeda arah alirannya, namun arah airnya tetap menuju pada kolam air yang sama. Kolam air yang cukup lebar dan tidak terlalu dalam ini sering digunakan warga maupun wisatawan untuk mandi sekedar bermain air. Dinding curugnya banyak ditumbuhi tumbuhan lumut dan tumbuhan merambat.

 Air Terjun 





Radius 10 KM dari Curug Penganten, Bumijawa



comments powered by Disqus

Lokasi

Dukuh Bandarsari, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.