Kebun Teh

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Bumijawa
  15668 kali   7°11'4.4"S 109°7'29.5"E

Kebun Teh TegalTegal terkenal dengan salah satu produsen teh besar di Indonesia. Ada banyak produk-produk teh asal Tegal yang bisa kita temui di setiap toko-toko atau Pasar Swalayan. Meskipun begitu, ternyata Tegal sendiri tidak mempunyai lahan teh sendiri lho, daun teh yang digunakan diambil dari daerah lain. Sungguh aneh memang, padahal Tegal sendiri (terutama Kabupaten Tegal) memiliki daerah dataran tinggi yang sejuk lagi subur. Bahkan daerah tetangga, Brebes, mempunyai kebun teh yang kini menjadi wisata agrowisata, yaitu Kebun Teh Kaligua yang ada di daerah Bumiayu, tepat berada di lereng Gunung Slamet.

Namun meskipun begitu, tidak usah khawatir, di Tegal sendiri juga ada kebun teh lho. Meskipun tidak terlalu luas dan terpusat, namun tidak kalah bagus dan sejuk suasannya. Perbukitan dengan lebatnya daun-daun teh pun bisa kita nikmati di sini. Lokasinya memang tidak banyak terkespose oleh media.

Lokasi kebun teh ini berada di Dukuh Aren, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Atau kurang lebih dari Bulakan masih terus naik sekitar 1 KM-an. Bisa berjalan kaki atau juga bisa menggunakan kendaraan pribadi karena jalan sudah menggunakan aspal.

Jika sudah sampai di lokasi, selain dihadapkan dengan kebun teh, di belakang kebun tersebut terlihat barisan bukit-bukit dan Gunung Ceremai yang berdiri gagah. Terlebih jika suasana sedang cerah, bisa dipastikan kita tidak akan berhenti untuk berfoto-foto ria :D

Sebagai informasi, daun teh yang dihasilkan dari sini tidak untuk diproduksi skala besar, namun untuk kalangan sendiri. Sehingga proses pembuatan tehnya pun sangat tradisional. Hanya dijemur, jika sudah kering bisa langsung diseduh dengan air panas. Tidak ada tambahan bunga melatinya. Jika kita bertemu dengan salah satu petaninya, jangan lupa untuk mencoba menjajal tehnya. Cocok diminum di tempat yang berhawa sejuk ini.

Selain di Dukuh Aren, masih banyak lagi kebun teh yang tersebar di Bumijawa.

 Bukit Kebun Teh Agrowisata 





Radius 10 KM dari Kebun Teh



comments powered by Disqus

Biaya Masuk

Dukuh Aren, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal