Telaga Kaliwangun Bumijawa

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Muncanglarang
  10284 kali   7°10'26.5"S 109°6'38.1"E

Telaga Kaliwangun Bumijawa TegalTelaga atau danau di pegunungan memang menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dicari setelah air terjun. Kabupaten Tegal yang sebagian wilayahnya berada di dataran tinggi, memiliki banyak potensi wisata, selain air terjun, ada juga telaga yang dulu semabagi sumber mata air warga, kini beralih menjadi tempat wisata meskipun baru swadana masyarakat sekitar. Salah satu telaga yang keren dan memiliki air yang segar adalah Telaga Kaliwangun yang ada di wilayah Kaliwangun, Desa Muncanglarang, Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal. Telaga ini kondisinya masih asri, bersih, dan sejuk.

Telaga yang luasnya hampir separuh lapangan bola ini memiliki kedalaman sekitar 1 meter pada tepian dan 2 meter pada tengah telaga. Airnya jernih sehingga kita bisa melihat langsung dasar telaga. Bagi yang hobi berenang atau mengambil foto underwater, telagaini cocok untuk dicoba, ya meskipun tidak terlalu dalam tentunya. Tapi di dasar telaga kita banyak menemukan hal seru untuk dijelajahi. Ada tanaman air dan beberapa ikan kecil yang hilir mudik di dalam.

Pada pinggiran telaga terdapat pohon besar seperti pohon beringin dan beberapa pohon ainnya yang menambah suasana asri di tempat ini. Ada juga beberapa batang pohon mati yang muncul ke permukaan air. Namun kita juga harus waspada dengan hewan melata ya yang biasa muncul ditepian telaga.

Untuk menuju telaga ini, dari Pertigaan Tuwel ambil ke kanan (jika ke kiri ke arah Pemandian Air Panas Guci) lurus hingga menemui pasar Bumijawa. Lanjut ambil jalan ke arah jalan raya Jejeg hingga sampai di desa Muncanglarang ambil ke kiri atau ke arah selatan. Kendaraan tak bisa masuk ke lokasi telaga ini, sehingga kita bisa menitipkannya di rumah warga dan lanjut berjalan kaki sekitar 20 menit dengan suguhan hutan sejuk dan hamparan sawah warga yang menghijau.

Tak banyak warga yang tau dengan lokasi telaga ini, karena memang telaga ini tak bernama. Seperti lokasi wisata yang sudah-sudah, biasanya diberi nama sesuai dengan lokasi tempat wisata tersebut. Karena telaga ini digunakan warga sebagai sumber air, baik untuk konsumsi maupun mengairi sawah, sudah sepatutnya kita juga harus ikut menjaganya karena kelestarian alam Tegal ada di tangan kita.

 Telaga 





Radius 10 KM dari Telaga Kaliwangun Bumijawa



comments powered by Disqus

Lokasi

Kaliwangun, Desa Muncanglarang, Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal