Bukit Cepu

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Batumirah
  10586 kali   7°12'21.7"S 109°8'10.2"E

bukit cepuBukit ini namanya menjadi terkenal setelah kedatangan Presiden kita, Pak SBY beberapa waktu yang lalu (21 Februari 2013). Bukit ini berlokasi di Dusun Krajan, Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, atau sekitar 24 KM ke selatan dari pusat Kabupaten Tegal (koordinat -7° 12′ 21.69″, +109° 8′ 10.20″ atau -7.206026,109.136167).

Untuk menuju tempat ini tidak cukup mudah karena hanya ada jalan setapak yang menanjak. Sehingga semua kendaraan diparkir di bawah Bukit Cepu ini. Ada semacam anak tangga dari tanah yang berjumlah sekitar 950 buah. Jadi siapkan tenaga dan bekal ekstra ya.

Jalan yang relatif sulit tersebut akan terbayar jika sudah sampai di Bukit Cepu tersebut, rasa lelah akan segera terobati karena keindahan alam dan kesegaran udaranya. Masih nampak dengan jelas kursi-kursi bambu yang dibuat saat menyambut kedatangan Pak SBY. Di sana kita bisa melihat langsung Gunung Slamet yang ada di sebelah tenggara bukit ini. Selain itu , banyak pohon – pohon pinus dan cemara yang tumbuh menjulang tinggi. Benih pohon baru pun tampak tumbuh subur dengan diberi pagar bambu supaya tidak cepat rusak.

Bagi Anda yang butuh ketenangan, tempat ini sangat cocok. Terlebih bagi yang hobi fotografi, sangat recommended! Namun perlu diingat ya, karena tempat in imasih asri jadi belum ada fasilitas publik seperti kamar mandi. Karena kamar mandi yang ada, pintunya selalu terkunci.

Oh iya, ketika kendaraan diparkir di bawah, ada semacam kotak sumbangan dari warga, bisa diisi secara ikhlas. Hitung – hitung untuk biaya parkir. Karena tempat ini masih sangat asri, kita sebagai pengunjung di sana harus menjaga kebersihan. Tidak membuang sampah sembarangan, terlebih merusak pepohonan yang ada.

Bagaimana? tertarik untuk melakukan pendakian di Bukit Cepu?






Radius 10 KM dari Bukit Cepu



comments powered by Disqus

Biaya Masuk

-