Curug Kalidiang

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Begawat
  7233 kali   7°10'16.9"S 109°5'55.6"E

Curug Kalidiang TegalAliran sungai Kalidiang di Begawat, memiliki potensi tersembunyi untuk dieksplorasi. Bagaimana tidak, curug yang belum bernama ini tidak banyak yang mengetahui lokasinya. Bahkan warga sekitar pun juga tidak banyak mengenalnya. Meskipun lokasinya juga cukup terpencil, amun jangan tanya pemandangan sekitarnya, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan hamparan sawah hijau yang bertingkat.

Ada tiga buah curug yang memiliki ketinggian yang berbeda. Curug pertama memiliki ketinggian seperti Curug Sikunang, curug kedua 10 meter, dan curug ketiga 15 meter. Setiap curug memiliki jarak sekitar 30 meter-an. Aliran ketiga curug ini tidak begitu besar. Sehingga cocok untuk bermain air, diambil gambarnya, atau melepaskan penat setelah seharian beraktivitas. Namun harus hati-hati pada curug pertama, karena kolam airnya yang cukup dalam. Sebagai informasi, curug ini berada di pinggiran aliran sungai.

Kalidiang memiliki air yang jernih, sehingga dasar sungai bisa dilihat secara langsung. Airnya juga dingin khas pegunungan. Dengan sungai yang tidak terlalu lebar, membuat perjalanan menjadi lebih menantang, tak jarang kita harus menerobos beberapa pohon yang melintang maupun tumbang. Bebatuan besar juga ikut menambah serunya perjalanan.

Adapun untuk menuju ke curug ini melalui Muncanglarang ke barat hingga bertemu dengan jalan leter S, sebelum jalan tersebut yang akan menuju Curug Jejeg ada pertigaan atau jalan menanjak yang cukup curam. Cukup 20 menit berjalan menyusuri sungai atau melalui jalan setapak disamping sungai, kita akan menemui tiga curug yang belum bernama ini. Namun harus hati-hati, karena jalurnya cukup ekstrim, sehingga tidak disarankan menyusuri sungai ketika sedang musim hujan.

Kesunyian dan keindahan yang ditawarkan Kalidiang ini patut kita jaga kealamiannya. Jangan sampai keindahannya terkoyak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. Sampaikan pada dunia, bahwa Tegal itu indah. Selamat berlibur!

 Sungai Air Terjun 





Radius 10 KM dari Curug Kalidiang



comments powered by Disqus

Lokasi

Desa Begawat, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal