Mata Air Banyumudal

Kabupaten Tegal / Bojong / Sangkanayu
  5664 kali   7°8'49.2"S 109°11'40.0"E

Mata Air banyumudal, Bojong, Kabupaten TegalTidak hanya tiga mata air, namun ada banyak mata air alami yang ada di Tegal. Namun sengaja kami pilihkan mata air yang wajib dikunjungi, mata air selanjutnya adalah Mata Air Banyumudal yang ada di Desa Sangkanayu, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal.

Mata air ini sudah dieksplorasi untuk memenuhi kebutuhan air di wilayah Tegal dan sekitarnya, sehingga di lokasi ini terdapat bangunan dan pipa-pipa besar perusahaan air minum. Namun meskipun sudah dieksplorasi, keberadaan tempat ini masih tetap terjaga. Masih banyak pohon-pohon rimbun yang mengintarinya. Susana semilir angin juga sangat terasa di tempat ini.

Air yang ada di mata air ini masih jernih dan segar, sehingga bisa langsung di minum. Asiknya lagi, mata air ini terdiri dari beberapa kolam-kolam kecil yang dalamnya hanya semata kaki, sehingga terkadang kita bisa langsung melihat ikan-ikan kecil yang bereneng kesana-kemari. Ada jembatan kecil dari bambu yang bisa dilewati. Jika anak-anak bermain di sini dijamin suka.

Tidak jauh dari sumber mata air, ada air terjun yang cukup deras airnya dengan ketinggian sekitar 5 meter. Airnya juga masih bersih dan sangat segar. Cocok untuk sekedar bermain air atau mandi. Airnya juga cukup dangkal, hanya selutut orang dewasa. Posisi air terjun ini cukup tersembunyi.

Untuk menuju lokasi Banyumudal ini kita bisa melewati hutan pinus hingga bertemu dengan Tugu Pramuka ke selatan (arah Kedawung). Lima ratus meter dari patung ambil kanan hingga bertemu dengan balai desa dan ikuti gang samping balai desa dan bisa bertanya ke warga sekitar. Jalan yang ditempuh cukup jauh dan cukup sulit, namun asyik untuk dijelajahi.

 Mata Air Air Terjun 





Radius 10 KM dari Mata Air Banyumudal



comments powered by Disqus

Lokasi

Desa Sangkanayu, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal