Curug Kaliawu

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Guci
  7100 kali   7°11'57.5"S 109°10'4.9"E

Curug Kaliawu Guci, Bumijawa, TegalCurug Kaliawu, merupakan salah satu "curug mini" yang ada di komplek Perhutani Guci. Kenapa dikatakan mini? Karena arusnya tidak begitu besar namun meskipun mini, tinggi curug ini sekitar 7 meter. Jadi air yang keluar seperti air yang mengucur dari keran air. Meskipun mini, namun tetap menarik untuk dikunjungi lho. Selain airnya dingin dan udaranya sejuk, background pemandangan Curug Kaliawu ini adalah hutan pinus yang menjulang tinggi. Tebing curug ini berbentuk cerukan setengah lingkaran, sehingga seakan kita "dikepung" oleh bukit.

Hal yang khas dari curug ini adalah memiliki bekas warna jingga (orange) pada dinding bukitnya. Hal ini dikarenakan air dari curug ini mengandung belerang walau tidak sebanyak yang ada di Pemandian Air Panas Guci. Air di dalam kolam airnya juga tidak dalam, di bawah lutut orang dewasa. Karena tidak dalam, maka kita bisa melihat secara langsung bebatuan yang ada di dasar air.

Ada banyak akses untuk menuju ke tempat ini. Sebut saja dari Pasar Guci atau area parkir Guci ke arah tenggara, melalui Gerbang Wana Wisata Guci (Wagu) bisa, bahkan jika yang sering meniki Gunung Slamet via Guci, kita akan menemukan curug ini. Posisinya berada di selatan jembatan. Biasanya kendaraan diparkir di dekat jembatan ini.

Curug yang masih alami ini, bisa menjadi satu paket perjalanan ketika berwisata ke Guci. Karena kita juga akan mendapati Curug Capit Urang, Jedor, Gung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Level medan perjalanannya juga bisa dikatakan untuk level pemula. Jika lelah melakukan perjalanan, jangan lupa untuk menyegarkan diri dengan berendam di air panas Guci. Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? :)

Yuk, kenali Tegal lebih dekat. Jangan buang sampah sembarangan ya, terlebih hingga mencorat-coret dan merusak ekosistem yang ada di sini. Salam laka-laka :)

 Air Terjun Hutan 





Radius 10 KM dari Curug Kaliawu



comments powered by Disqus

Lokasi

Kompleks Guci, Bumijawa, Kabupaten Tegal