Curug Cantel Bumijawa

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Sigedong
  33661 kali   7°13'9.4"S 109°7'57.4"E

Curug Cantel BumijawaAir terjun ini berlokasi di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal ini lokasinya cukup sulit dijangkau. Karena memerlukan tracking yang cukup panjang dengan menyusuri sungai dengan bebatuan yang cukup besar. Kita diharuskan tracking sejauh kurang lebih 400 meter dari jalan raya dengan melawan arus sungai.

Medan tracking di tempat ini cukup unik, karena kita akan berjalan di antara dua sisi bukit yang dipisahkan oleh sebuah sungai kecil. Beruntung, saat kami kesana, arus sungai tidak terlalu deras. Sehingga kami tidak khawatir adanya arus yang deras. Namun yang harus diwaspadai adalah kondisi beberapa batu yang licin.

Air terjun atau Curug Cantel ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Jadi bisa dibayangkan betapa tingginya air terjun ini. Percikan air terjun akan langsung terasa membasahi wajah begitu sampai di lokasi ini. Tidak disarankan untuk mandi di bawah air terjun ya, karena air yang turun begitu kuat.

Sisi-sisi bukit ditumbuhi banyak lumut dan tumbuhan merambat. Pada bagian atas, terdapat pohon besar yang posisinya berada dipinggir tebing, unik. Di depan air terjun, terdapat sebuah gundukan batu yang cukup tinggi. Di sinilah lokasi yang tepat untuk berfoto ria :)

Sebenarnya Curug Cantel bisa ditemouh melalui jalur Guci, namun sayangnya kondisi jalannya rusak dan terlalu jauh, sehingga kami sarankan gunakan jalur Bumijawa. Lurus hingga ketemu Pertigaan Talang ambil kiri (arah Jalan Wredameta/ Pabrik Minuman Adi). Lurus hingga ketemu pertigaan lagi ambil kiri (arah Batumirah – Sirampog). Ketemu Perempatan Mentik masih lurus hingga menuju Desa Kalipedes dan bertemu dengan jembatan Kalipedes. Dari sini, mulailah perjalanan tracking.

 Air Terjun 





Radius 10 KM dari Curug Cantel Bumijawa



comments powered by Disqus

Lokasi

-