Makam Ki Gede Sebayu

Kabupaten Tegal / Balapulang / Danawarih
  7511 kali   7°4'27.3"S 109°8'0.7"E

Makam Ki gede Sebayu TegalKi Gede Sebayu adalah salah satu orang yang sangat berjasa dalam membangun Tegal. Tidak hanya membangun Tegal, namun juga berhasil membangun masyarakat Tegal sehingga mempunyai banyak keterampilan.

Atas keberhasilannya ini pula,  Ingkang Sinuwun Kanjeng Panembahan Senopati Mataram mengangkat Ki Gede Sebayu sebagai juru Demang setingkat Tumenggung/ Bupati yang kemudian dijadikan sebagai hari jadi Kabupaten Tegal. Ki Gede Sebayu masih berkaitan erat dengan keturunan Majapahit. Beliau memiliki dua orang anak, yakni Pangeran Hanggawana dan Raden Ayu Rara Giyanti Subalaksana yang menikah dengan Pangeran Purbaya.

Selain itu, Ki Gede Sebayu juga berjasa dalam pembangunan Bendungan Danawarih yang fungsinya adalah unuk irigasi areal persawahan.

Ki Gede Sebayu dimakamkan di Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Sekitar 100 meter ke utara dari lokasi Bendungan dan Jembatan Gantung Danawarih. Komplek makam ini dikelilingi tembok putih yang cukup luas. Sedangkan makamnya sendiri berada di tengah-tengah komplek bangunan tersebut. Makamnya dibuat dengan model atap joglo dan dikelilingi tembok kaca ddengan ditutupi dengan tirai putih.

Makam Ki Gede Sebayu selalu ramai didatangi peziarah ketika menjelang hari jadi Kabupaten dan Kota Tegal seperti Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakilnya, Kepala Dinas, SKPD, sesepuh, dan warga Tegal.

 Makam 





Radius 10 KM dari Makam Ki Gede Sebayu



comments powered by Disqus

Lokasi

Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal