Jembatan Gantung Danawarih

Kabupaten Tegal / Balapulang / Danawarih
  12142 kali   7°4'37.7"S 109°7'53.2"E

jembatan gantung danawarihJembatan gantung yang berada di desa Danawarih kecamatan Balapulang kabupaten Tegal ini terletak tidak jauh dari Bukit Sitanjung. Bendungannya sendiri mulanya dibangun oleh pendiri Tegal yakni Ki Gede Sebayu. Fungsi utama dari bendungan Kali Gung ini adalah sebagai sarana irigasi. Sedangkan fungsi utama dari jembatan gantung ini adalah sebagai penghubung yang menghubungkan desa Danawarih dengan desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang. Jembatan ini dibangun pada tahun 1992 dengan panjang 273 meter dan lebar hanya 1 meter.

Jembatan gantung ini bisa digunakan sebagai sarana untuk menikmati pemandangan di sekitar bendungan. Bendungan bisa kita temui di sebelah selatan dari jembatan gantungnya itu sendiri. Selain wisata alam, di Danawarih sendiri terdapat lokasi wisata religi karena disini terdapat lokasi makam Ki Gede Sebayu.

Untuk menuju lokasi ini cukup sulit karena tidak adanya papan penunjuk jalan dan kondisi jalan yang cukup terjal. Apabila kita memulai perjalanan dari Rumah Makan dan Pemancingan Bukit Sitanjung menggunakan sepeda motor dengan mengikuti aliran sungai, kita akan menemui sekitar 3 buah air terjun. Tidak terlalu besar memang, namun cukup untuk lokasi melepas lelah. Terlebih jika aliran sedang deras, kita bisa merasakan cipratan air dari si air terjun. Apabila beruntung, kita akan menemui pelangi di air terjun tersebut.

 Jembatan Sungai Bukit 





Radius 10 KM dari Jembatan Gantung Danawarih



comments powered by Disqus

Lokasi

Perbatasan Desa Danawarih dan Sangkanjaya