Curug Sigowang

Kabupaten Tegal / Kedungbanteng / Penujah
  9276 kali   7°2'3.2"S 109°11'25.8"E

Curug Sigowang TegalMungkin nama tempat ini terdengar asing di telinga kita, namun maklum saja, tempat ini memang tidak banyak yang tahu jika bukan warga sekitaran Desa Penujah, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Curug atau Air Terjun ini aksesnya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri sungai.

Untuk dapat mencapai tempat ini kita bisa berkendara sepeda motor atau mobil. Kemudian kendaraan tersebut bisa diparkir di sekitar Kantor Balai Desa Penujah kemudian turun menyusuri sungai ke arah selatan atau melawan arus sungai yang menuju ke Waduk Cacaban. Perjalanan yang ditempuh nantinya akan memakan waktu sekitar 1 jam atau 2,5KM dengan melewati batu-batu yang cukup besar.

Perjalanan lebih mudah jika cuaca sedang cerah mengingat jika hujan arus air akan semakin besar dan mempersulit untuk menuju ke lokasi. Sembari berjalan, kita bisa melihat pemandangan indah perkebunan tebu di sisi kanan dan kiri sungai. Sungainya juga tidak terlalu lebar dan tidak dalam, hanya sekitar semata kaki orang dewasa.

Curug Sidowang ini berada di tebing berbatu dengan ketinggian air terjun sekitar 4 meter. Tebing-tebing tersebut biasanya sering didaki pengunjung, namun hati-hati karena dinding batu terjal dan licin. Oh iya, arus air terjun yang tidak terlalu besar ini bisa digunakan untuk mandi, luncuran air yang mengenai tubuh dan kepala kita akan membuat tubuh kita serasa dipijat-pijat dan akan membuat tubuh menjadi bugar kembali.

Karena lokasinya cukup terpencil, jangan harap kita bisa menemukan warung makan di sekitaran air terjun ini, jadi jangan lupa membawa bekal makan dan minuman sendiri.

Foto by: Fipi Puspitasari

 Air Terjun 





Radius 10 KM dari Curug Sigowang



comments powered by Disqus

Lokasi

Desa Penujah, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal