Curug Penganten Cawitali

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Cawitali
  13643 kali   7°7'28.8"S 109°5'29.4"E

Curug Penganten Cawitali, Bumijawa, Tegal, Jawa TengahSerupa tapi tak sama, itulah yang pas disematkan pada curug yang memiliki aliran sungai yang sama dengan Curug Monyet. Eits, namun bukan Curug Monyetnya yang memiliki persamaan, namun memiliki nama yang sama dengan curug yang ada di Desa Bumijawa, Curug Penganten. Namun yang ini lokasinya berbeda, terletak di Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Curug yang memiliki tiga buah aliran air ini memang tidak begitu tinggi, hanya sekitar 7 meter. Namun jika aliran airnya sedang besar, curug ini hampir semuanya akan tertutup air. Beruntung, saat kami berkunjung kesana, aliran air tidak begitu besar, sehingga Curug Penganten bisa terlihat dengan jelas. Meskipun tidak terlalu tinggi, jangan tanya pemandangannya, sungguh eksotis. Curug ini semacam berada di cerukan tanah, sehingga ketika kita masuk ke dalam areanya, seakan-akan "dikepung" oleh bukit berbatu. Ya, karena memang tebing curugnya terdiri dari batuan besar yang alami, yang hampir tidak ada tanaman merambat pada dinding bukitnya.

Bentuk bebatuannya juga cukup unik, jika diperhatikan secara seksama, mirip dengan wajah manusia yang menggunakan mahkota dengan mata tertutup namun dengan mulut menganga. Ada sebuah batu yang konon digunakan untuk bersemedi karena bentuknya yang datar namun posisinya di tempat yang tinggi. Terlebih suasanya juga sepi, yang ada hanya bunyi percikan air.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, bisa melalui Jejeg ke utara hingga menemukan sebuah Bendungan Cawitali. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari jalan utama. Namun hati-hati ya dengan hewan melata atau kawanan lebah yang sering mendiami lubang-lubang di bebatuan. Sesampainya di sana, berpuas-puaslah menikmati keindahan alamnya.

Penasaran untuk mengunjunginya? Namun jangan lupa ya, tetap jaga kebersihan, hindari merusak alam dengan melakukan vandalisme maupun menganggu habitat yang ada. Satu lagi, pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Ingat, kebersihan adalah sebagian dari iman lho. Ok!

 Air Terjun 





Radius 10 KM dari Curug Penganten Cawitali



comments powered by Disqus

Lokasi

Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal