Bukit Rangkok Pagerwangi

Kabupaten Tegal / Balapulang / Pagerwangi
  17420 kali   7°5'19.9"S 109°6'44.0"E

Bukit Rangkok Pagerwangi, TegalAda spot satu lagi yang kini sedang nge-hits di Tegal, Batu Ancik atau Bukit Rangkok namanya yang masuk ke dalam wilayah Desa Pagerwangi, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Terletak 2,5 KM ke barat dari Desa Kalibakung atau 4 KM ke timur dari Desa Banjaranyar. Bukit bebatuan dengan beberapa ilalang dipuncak bukitnya, menawarkan pemandangan menakjubkan seperti view persawahan, Gunung Slamet, atau untuk menikmati momen sunrise dan sunset juga bisa dilakukan di tempat ini. Terlebih jika cuaca sedang bersahabat.

Sebagai informasi, di Bukit Rangkok inilah kita bisa mendapatkan view Gunung Slamet yang begitu jelas dan masih dalam zona aman tentunya. Ada dua buah puncak bukit di sini, bukit pertama memiliki kontur yang datar, sedangkan bukit kedua relatif landai dan bukit ini yang memiliki view bagus.

Bukit Rangkok ini memiliki ketinggian sekitar 384 mdpl. Sehingga pendaki pemula pun bisa menjelajahi tempat ini, namun harus tetap waspada jika menjelajahi tempat ini terutama pada musim hujan.

Akses jalan menuju tempat ini cukup mudah, dari Gerbang Desa Pagerwangi, ikuti jalan desa yang ada hingga bertemu dengan jembatan, kemudian belok kiri. Lurus terus hingga ujung jalan dan menemui rumah terakhir, di tempat ini menjadi batas jalan kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil. Namun jalur mobil, sangat sempit, sehingga tidak disarankan menggunakan mobil karena sempitnya jalan. Dari batas jalan, lanjutkan berjalan kaki hingga 10 menit dan bertemu dengan kumpulan tanaman bambu.

Track awal masih terbilang lebar dan landai, namun pada pertengahan jalan mulai menyempit dan menanjak. Hingga akhirnya menemukan bukit berbatu. Untuk menuju puncak bukitnya, gunakan jalur kanan yang tidak begitu sulit, namun jalannya sempit. Bentuk batu puncak Bukit Rangkok hampir mirip dengan Puncak Garuda di Gunung Merapi. Tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 4 meter. Namun harus tetap berhati-hati.

Jika dikembangkan lebih baik lagi, kawasan ini bisa menjadi obyek wisata alam andalan Kabupaten Tegal. Namun yang pasti, jangan sampai kita merusak lingkungan dan tetap jaga sopan santun terutama kepada warga sekitar.

 Bukit 





Radius 10 KM dari Bukit Rangkok Pagerwangi



comments powered by Disqus

Biaya Masuk

Gratis