Curug Sentul Cawitali

Kabupaten Tegal / Bumijawa / Cawitali
  5640 kali   7°7'38.9"S 109°5'15.6"E

Curug Sentul Bumijawa TegalKabupaten Tegal, khususnya kecamatan Bumijawa memang penuh dengan eksotisme, pemandangan alamnya yang luar biasa dan masih relative asri membuat kami tidak pernah bosan untuk menyusuri surge tersembunyi yang ada di Bumijawa. Kali ini kami membahas mengenai curug yang sudah cukup dikenal warga sekitar karena memang biasa digunakan sebagai lokasi memancing ikan, Curug Sentul namanya. Lokasinya berada di Dusun Lemah Abang, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Selain sebagai tempat memancing ikan, curug ini biasa digunakan sebagai tempat latihan repelling bagi kawan-kawan Mapala. Karena memang dinding curugnya yang cukup terjal dan memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Jadi cukup memacu adrenalin, terlebih saat melawan arus airnya.

Curug ini bisa dibilang cukup unik karena pada dasar dinding curug, terdapat cerukan tanah ke arah dalam yang membentuk seperti sebuah gua. Airnya juga cukup deras meskipun musim kemarau. Airnya dingin khas pegunungan terlebih jika berada di dekat guanya. Suasananya bertambah sejuk.

Untuk mencapai lokasi ini, cukup berjalan kaki beberapa meter dari makam warga kemudian turun melewati sawah warga. Hati-hati, karena jalan menuju ke bawah cukup terjal. Untuk kendaraan seperti mobil, hanya bisa sampai di dekat makam.

Karena air yang turun dari bibir curug relatif besar, tidak disarankan untuk bermain air di bawahnya ya. Terlebih saat masuk musim penghujan. Bebatuan di sekeliling curug juga lumayan besar-besar lho, bisa digunakan sebagai tempat melepas penat atau sekedar duduk-duduk di atasnya. Di atas bukit, terdapat beberapa pohon rindang dan pohon bamboo yang menambah keasrian Curug Sentul ini.

Yuk mari terus lestarikan keindahan alam yang ada di Tegal dengan tidak membuang sampah sembarangan maupun melakukan corat-coret. Setuju?!

Terima kasih Arbasir!

 Air Terjun 





Radius 10 KM dari Curug Sentul Cawitali



comments powered by Disqus

Lokasi

Dusun Lemah Abang, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal