Pantai Pulau Kodok Martoloyo

Kota Tegal / Tegal Timur / Mintaragen
  16977 kali   6°50'39.0"S 109°9'33.6"E

Pulau Kodok Martoloyo TegalWarga sekitar menyebutnya dengan Pulau Kodok, namun secara fisik, tempat yang berada di Martoloyo, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal ini adalah sebuah pantai dengan beberapa tambak pada pintu masuknya. Jadi, jangan dibayangkan jika tempat ini benar-benar sebuah pulau ya. Pantai ini masih alami, belum banyak wisatawan yang berkunjung di tempat ini. Sehingga tidak ada fasilitas umum yang bisa kita jumpai. Meskipun dikatakan terpencil, namun jalan akses menuju pantai ini lumayan luas, mobil pribadi bisa masuk dengan mudah.

Terletak di utara jalur padat Pulau Jawa, Pantura, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah, terutama untuk menikmati sunset. Waktu-waktu yang disarankan untuk menikmati sunset tersebut yaitu pada bulan-bulan April hingga Juni atau pada saat cuaca sedang cerah. Bulatan matahari berwarna jingga cerah seketika itu juga akan menghiasi langit sore.

Ada banyak pemecah ombak yang menjorok ke lautan yang biasa digunakan warga sekitar untuk memancing ikan kakap atau ikan lainnya. Atau banyak juga anak-anak kecil yang bermain bola di pantai tersebut. Pantai di sini hampir sama dengan Pantai Alam Indah (PA'I), namun di sini relatif lebih bersih dan lebih sejuk karena banyaknya pohon mangrove di bibir pantai.

Jika kita berjalan ke arah timur, kita akan mendapati Muara Sungai Ketiwon, mungkin ini yang menjadi salah satu asal muasal dinamakannya Pulau Kodok. Di sebelah barat pintu masuk Pulau Kodok, sekitar 200 meter, ada Pura Segara Suci, tempat sembahyang bagi umat Hindu di Kota Tegal.

Karena masih alami, tidak ada biaya masu, alias gratis. Namun jika masuk dari arah barat, akan dikenakan biaya parkir oleh warga sekitar. Meskipun begitu, pastikan kita tidak membuang sampah sembarangan ya, simpan sampah dan buang di tempat penampungan yang biasanya dekat dengan perumahan warga.

Selamat berkunjung!

 Pantai 





Radius 10 KM dari Pantai Pulau Kodok Martoloyo



comments powered by Disqus

Biaya Masuk

Gratis