Klenteng Tek Hay Kiong

Kota Tegal / Tegal Barat / Tegalsari
  4619 kali   6°51'30.6"S 109°8'14.9"E

Klenteng Tek Hay Kiong tegalKlentang yang terletak di Jl. Gurami No. 8 Kota Tegal ini tidak diketahui kapan tepatnya dibangun. Namun menurut catatan sejarah, Klenteng Tek Hay Kiong ini mulai direstorai pada tahun 1837 saat Kaisar Dao Guang ke 17 tahun Ding You. Kapiten Tan Koen Hway bersama rekan-rekannya di Tegal membangun kelenteng yang diberi nama Tek Hay Kiong yang dapat diartikan juga Istana Tek Hay Cin Jin.

Ada banyak peninggalan sejarah yang menarik di sini, salah satunya adalah Cin Jin Bio. Cin Jin Bio adalah tempat pemujaan/rumah abu yang dibangun masyarakat tionghoa di Tegal untuk mengenang kebaikan dan rasa persaudaraan Kwee Lak Kwa,dengan membuat papan roh/Sin Ci dari Kwee Lak Kwa.
Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya sepasang papan Lian (syair ) untuk menghormati Tek Hay Cin Jin ( Kwee Lak Kwa ) yang disumbang Lin Ming De pada tahun 1828.

Saat ini, Klenteng Tek Hay Kiong masih aktif sebagai tempat Ibadah bagi masyarakat Tionghoa yang ada di Tegal. Jadi kondisinya masih terawat dengan baik. Terlebih apabila sudah masuk Hari Raya Imlek, banyak sekali agenda – agenda menarik yang bisa menjadikan aset wisata bagi daerah Tegal.

 Heritage 





Radius 10 KM dari Klenteng Tek Hay Kiong



comments powered by Disqus

alamat

Jl. Gurami No. 8 Kota tegal 52111.
Telp. (0283) 356474