Pantai Dampyak

Kabupaten Tegal / Kramat / Dampyak
  6411 kali   6°50'41.8"S 109°9'51.9"E

Pantai Dampyak tegalPantai ini bisa disebut juga Pantai Duyundayani (baca: durung diarani) alias pantai ini belum diberi nama khusus. Karena lokasinya di Dampyak, perbatasan Kabupaten dan Kota Tegal, maka pantai ini kita sebut saja dengan Pantai Dampyak. Namun siapa sangka, didaerah perbatasan ini justru menyimpan potensi wisata yang tersembunyi. Ya, belum banyak yang tau bahwa di tempat ini ada sebuah pantai yang relatif bersih daripada pantai lainnya.

Untuk menuju Pantai Dampyak, cukup mengikuti tugu Selamat Datang Kota Tegal ke arah utara, namun akses jalan tersebut masih berupa jalan tanah biasa yang hanya bisa dilewati sepeda motor. Karena memang tidak begitu lebar dan berbatasan dengan aliran sungai.

Meskipun bukan pasir putih, pantai ini tak kalah indah. Tidak banyak aktifitas yang terlihat di sana. Hanya deburan ombak yang berkejar-kejaran menuju pantai. Bibir pantai yang tak terlalu lebar membuat pantai ini asyik untuk dijelajahi dengan bertelanjang kaki. Pepohonan mangrove menghiasi setiap bibir pantai. Tidak seperti pantai lainnya, di sini justru tidak diketemukan pohon kelapa.

Tidak terlalu luas Pantai Dampyak ini, namun cukup untuk menghabiskan waktu bersantai sejenak atau berfoto-foto. Lokasi ini menjadi salah satu lokasi untuk menikmati sunset, terlebih dengan adanya tanjung di sebelah barat pantai menambah keartistikan saat matahari mulai tenggelam di sela-sela pepohonan mangrove.

Ditempat ini pula sesekali akan kita temukan hewan laut yang orang sekitar menyebutnya dengan kiyong/ keong. Itulho hewan bercangkang yang memiliki kaki yang hobi berjalan menyamping :D Semilir angin segar juga sangat terasa di tempat ini. Lokasi ini juga kurang cocok untuk dijadikan spot memancing karena tidak adanya pemecah ombak yang biasanya menjorok ke lautan.

Ingin menjajal tempat ini? Pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan ya. Mari kita jaga keindahan Tegal bersama-sama.

 Pantai 





Radius 10 KM dari Pantai Dampyak



comments powered by Disqus

Biaya Masuk

Gratis