Masjid Pesekongan

Kota Tegal / Tegal Barat / Tegalsari
  2645 kali   6°51'28.6"S 109°8'3.8"E

Masjid Pesekongan TegalNamanya Masjid Al-Hikmah Pesekongan, namun biasanya cukup disebut dengan sebutan Masjid Pesekongan lokasinya tak jauh dari Langgar Dhuwur, keberadannya juga erat kaitannya dengan Langgar Dhuwur. Namun dari segi usia, Masjid Pesekongan terlebih dahulu dibangun, yaitu sejak 15 Ramadhan tahun Wawu 1241 H/ 1821 M.

Yono Daryono dalam Buku Tegal Evolusi Sebuah Kota menuturkan bahwa cikal bakal penyebaran Islam di Tegal diperkirakan bermula dari daerah Pelabuhan Tegal, yaitu di Pesekongan kemudian menyebar ke daerah pedalaman. Hal tersebut ditandai dengan adanya prasasti ukiran kayu jati dengan motif bunga melati dan mawar di atas pintu masuk sebagai penanda (candra sengkala) pendirian masjid (Daryono, 2008). Di tembok masjid pun terpampang penjelasan kapan masjid itu dibagun dan dipugar.

Masjid Pesekongan pada mulanya hanya berukuran 15 x 15 meter dengan atap masjid terdiri dari dua undakan. Tidak banyak ornamen pada masjid ini selain dari fentilasi-fentilasi yang memiliki ukiran bunga.

Masjid ini masih aktif digunakan sebagai tempat peribadatan hingga sekarang. Bahkan sudah banyak perbaikan pada masjid ini, sehingga bagi orang awam mungkin tidak mengetahui bahwa masjid ini merupakan masjid yang sangat bersejarah.

 Masjid 





Radius 10 KM dari Masjid Pesekongan



comments powered by Disqus

Alamat

Pesekongan, Kelurahan Tegalsari, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal