Makam Al-Haddad

Kota Tegal / Tegal Barat / Kraton
  7307 kali   6°51'51.1"S 109°7'53.2"E

Makam Al-Haddad TegalMuhammad bin Thohir al-Haddad lahir di kota Geidun, Hadramaut, Yaman pada tahun 1838 M yang kemudian hijrah ke Indonesia. Abdullah bin Hasan bin Husein al-Haddad, cicit atau generasi ke 3 dari Habib Muhammad bin Thohir menceritakan bahwa buyutnya yakni Habib Thohir merupakan ulama tersohor dari Yaman yang kerap melakukan Syiar Islam di India, Pakistan dan negara-negara Arab.

Kedua anak dari Habib Thohir ini berdakwah di Indonesia. Yaitu: Al-Habib Husein bin Muhammad Al Haddad di Jombang dan Tuban dan Habib Alwi bin Muhammad Al Haddad di Bogor. Sehingga beliau datang ke Indonesia selain untuk bertemu dengan anak – anaknya, juga untuk berdakwah dan berdagang. Salah satu yang menonjol dari Habib Muhammad bin Thohir yaitu perilakunya yang alim dan dermawan [1].

Tidak lama beliau berada di Indonesia, Habib Thohir sakit dan meninggal di Kota Tegal pada usia 43 tahun. Tepatnya 18 Rajab 1316 H /1885 M. Makamnya berada di sebelah selatan pelataran masjid. Disebelah makam beliau dimakamkan juga putra pertama beliau, Habib Husain. Pada pelataran luar pemakaman utama, terdapat juga makam cucu-cucu beliau seperti Habib Hasan.

Peringatan Khaul jatuh pada hari ke 15 bulan Sya’ban dimulai pada malam hari. Di setiap peringatan Khaulnya, selalu ramai dikunjungi oleh peziarah baik dari Tegal, luar kota bahkan dari luar negeri yang jumlahnya hingga ratusan peserta khaul yang berpakaian serba putih. Pada acara tersebut selalu dibacakan do’a bersama dan sejarah beliau. Bahkan ada hidangan khusus bagi warga yang menghadiri khaul, yaitu Nasi Kebuli [2].

[1] http://ahlulbaitrasulullah.blogspot.com/2013/10/manaqib-habib-muhammad-bin-thohir-al.html

[2] http://pariwisata.tegalkota.go.id/index.php/ragam-wisata/com-hdflvplayer-submenu-language/wisata-religi/khaul-al-hadad

 Makam 





Radius 10 KM dari Makam Al-Haddad



comments powered by Disqus

Lokasi

Jalan Salak Kelurahan Kraton Kota Tegal.