Waterleiding Kota Tegal

Kota Tegal / Tegal Timur / Panggung
  4220 kali   6°52'1.4"S 109°8'23.7"E

Waterleiding Kota TegalSering melihat Waterleiding atau Water Ledeng yang berdiri gagah di utara Alun-alun Kota Tegal? Atau mungkin bahkan rasa penasaran itu sirna karena tidak kunjung mendapatkan jawabannya? Kebetulan kami sempat mengunjungi "daleman"-nya Water Ledeng Kota Tegal ini yang konon dibangun tahun 1931 oleh Pemerintah Belanda di Jl. Pancasila. Memang, akses untuk masuk ke dalam cukup rumit, karena diharuskan menggunakan surat ijin.

Tinggi Waterleiding ini adalah 42 meter yang terbagi menjadi 5 lantai. Untuk banyaknya jumlah lantai bisa terlihat dari luar. Untuk lantai pertama dan kedua menggunakan tangga spiral dengan anak tangga yang menurut kami kecil. Tangga tersebut terdapat pembatas tepi sebagai pengaman dan agar si-pemanjat tidak mudah lelah menaiki tangga.

Di lantai 3 hingga lantai 4 menggunakan tangga vertikal yang setiap lantainya berjarak 6 meter. Menaiki lantai terakhir (lantai 5), kondisinya sangat berbeda dengan lantai sebelumnya. Lorong vertikal yang sedang menuju ke atas tidak terlalu lebar, panjangnya juga sekitar 16 meter. Cukup melelahkan. Namun sesampainya di ujung tangga, angin sejuk langsung mengobati rasa lelah. Karena memang bukan tempat untuk umum, suasana roof top tidak begitu terawat. Hanya terdapat beberapa antena televisi dan LED display yang akan menyala di malam hari.

Pemandangan Tegal dari atas sungguh berbeda, terlihat lebih indah. Terlebih ketika mata mengarah ke sebelah utara, Pantai Alam Indah atau PAI bisa terlihat biru dari atas. Jika kita sedikit melihat ke bawah, suasana sekitar Alun-alun juga cukup menarik untuk diabadikan.

Waterleiding ini sendiri cukup bersejarah, terutama bagi warga Tegal jaman dahulu. Dahulu ketika memasuki jam berbuka puasa, akan terdengar sirine khas untuk berbuka puasa yang berbunyi dari atas ledeng air ini. Namun sayangnya ketika kami cek di atas, kami tidak menemukan sirine tersebut. Kemungkinan sudah diturunkan karena memang sudah lama tidak digunakan.

Namun sayangnya bangunan ini tidak kunjung dijadikan sebagai lokasi wisata bersejarah, kemungkinan besar jika SCS atau Gedung Birao mulai dibuka untuk umum, kemungkinan, Waterleiding ini pun akan ikut terangkat pamornya.

 Sejarah 





Radius 10 KM dari Waterleiding Kota Tegal



comments powered by Disqus

Lokasi

Jl. Pancasila, Kota Tegal