Kawasan Konservasi Karang Jeruk

Kabupaten Tegal / Kramat / Munjungagung
  8197 kali   6°48'41.3"S 109°12'9.5"E

Karang Jeruk TegalKawasan Konservasi Perairan Daerah (KPPD) Karang Jeruk atau lebih mudahnya disebut Karang Jeruk, merupakan salah satu kawasan konservasi keanekaragaman hayati yang ada di lautan lepas yang masuk ke dalam wilayah perairan Kabupaten Tegal, tepatnya di Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat jika kita tarik garis lurus.

Jika kita sering menonton acara penikmat hobi mincing di televisi swasta, Mancing Mania, Karang Jeruk sudah sering digunakan menjadi salah satu spot terbaik memancing yang ada di Tegal. Tidak hanya itu, para angler (pemancing) [1]. Bagimana tidak, banyak sekali jenis ikan seperti ikan kakap putih, ada juga barakuda, tengiri, talang – talang, kakap merah, kerapu, dan ikan jenis lainnya yang hidup di kawasan ini. Untuk ikan kakap putihnya (barramundi) yang ada di Karang Jeruk beratnya bervariasi, mulai 0,5 – 24,3 kg. Ikan ini memiliki kemampuan tarung yang tinggi, sehingga menjadikan target prestisius para angler.

Lepas dari keanekaragaman ikan, di Karang Jeruk yang memiliki kedalaman rata-rata hingga 10 meter ini memiliki karang yang bervariasi namun menurut laporan Rencana Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan Karang Jeruk Kabupaten Tegal Tahun 2011 dengan konsultan pelaksana CV. Adicipta Manunggal dari Semarang, keseluruhan koloni karang penyusun terumbu karang di Karang Jeruk adalah karang masif (CM) dari Famili Faviidae dengan Genus Diploastrea dan dari Famili Poritiidae dengan Genus Porites. Jenis karang yang paling banyak dijumpai adalah jenis Porites.

Jadi bisa dibayangkan dengan banyaknya jenis ikan dan karang yang ada di tempat ini, Karang Jeruk bisa digunakan sebagai tempat snorkling atau diving atau untuk belajar mengenai ekosistem yang ada di laut. Untuk penggila hobi memancing, memang tidak ada larang untuk memancing di areal tersebut, namun harus tetap menjaga ekosistem yang ada di Karang Jeruk.

Untuk menuju ke Karang Jeruk memang belum ada angkutan umum yang ke lokasi tersebut, namun bisa menggunakan/ menyewa perahu nelayan mulai Rp. 300.000 dengan berangkat dari Dermaga Muarareja. Dari dermaga, lokasinya 3 mil di utara kota atau 3 mil dari Pantai Larangan. Kira-kira lama perjalanan sekitar 45 menit. Kawasan Karang Jeruk sendiri ditandai dengan adanya menara suar yang diberi lampu.

Jadi, kita patut bangga sebagai warga Tegal yang memiliki tempat yang bisa digunakan untuk snorkling atau diving yang cukup bagus. Terlebih dengan keberadaan karangnya yang terus dibudidayakan dan dikembangkan yang nantinya habitat ikan menjadi lebih banyak dan bervariasi.

Foto by: Noor Zuhry

[1] http://michaelrisdianto.blogspot.com/2008/07/tegal-laka-laka.html

 Konservasi Pemancingan 





Radius 10 KM dari Kawasan Konservasi Karang Jeruk



comments powered by Disqus

Lokasi

Perairan Kabupaten Tegal, tepatnya di Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat