Kebun Melati Maribaya

Kabupaten Tegal / Kramat / Maribaya
  4534 kali   6°52'40.3"S 109°13'49.8"E

Kebun Melati MaribayaTau nggak sih kalau Tegal, khususnya Kabupaten Tegal merupakan salah satu daerah peng-ekspor bunga melati yang hasil panennya sangat disukai pasar mancanegara. Mungkin hal ini luput dari perhatian kita, karena memang jarang sekali terekspos. Adalah Desa maribaya, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal yang merupakan sentra penghasil bunga melati berkualitas tinggi. Eitss, tapi tidak hanya Desa Maribaya saja yang memiliki kebun bunga melati, ada juga Desa Kramat, Sidoharjo, Purwahamba dan desa lain.

Jangan menganggap kebun melati sama dengan kebun teh ya. Tanaman ini tidak begitu tinggi, hanya sebatas lutut orang dewasa. Melati ini tidak mengenal musim panen, hampir setiap hari bias melakukan panen. Namun kualitas bunganya juga ditentukan oleh cuaca. Jika banyak sinar matahari, maka kualitas melati akan semakin bagus. Untuk memanennya, biasanya dilakukan antara jam 06:00-10:00 pagi.

Untuk pemasaran cukup mudah, karena biasanya ada agen sendiri yang akan datang ke kebun. Baik untuk diekspor maupun untuk konsumsi lokal seperti untuk acara keagamaan, upacara adat, pernikahan, dan lain-lain. Untuk ekspor, varietas melati yang banyak diminati adalah melati emprit dan melati kebo [1].

Jadi, bagi yang ingin belajar bercocok tanam atau sekedar ingin mengetahui tentang bunga melati di Kabupaten Tegal, tidak ada salahnya dating di desa ini. Dengan senang hati, para pemilik kebun akan membagikan ilmunya kepada kita.

[1] http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis/14/03/26/n31fq9-melati-tegal-disukai-pasar-mancanegara

 Agrowisata 





Radius 10 KM dari Kebun Melati Maribaya



comments powered by Disqus

Biaya Masuk

Desa Maribaya, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal