GBN Lebaksiu

Kabupaten Tegal / Lebaksiu / Lebaksiu Lor
  6117 kali   7°2'47.2"S 109°8'50.5"E

Patung GBNBangunan yang berdiri gagah di wilayah Desa Lebaksiu Lor, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal ini tidak lepas kaitannya dengan Monumen GBN yang ada di Procot, Slawi. Bangunan prima segi lima ini berdiri di pusat Kecamatan Lebaksiu, yaitu di tikungan jalan Tegal - Purwokerto dengan tinggi sekitar 4,5 meter. Banguan utama dikelilingi dengan pagar besi yang setiap sudutnya diberi lampu hias.

GBN merupakan kepanjangan dari Gerakan Banteng Negara yang merupakan gerakan penumpasan DI/TII di Jawa Tengah. Yang konon kabarnya penumpasan ini sampai ke Bukit Sitanjung.

Tiga sisi bagunan ini bertuliskan huruf G, B dan N, sedangkah sisi lainnya berisi mukadimah dan sisi kelima dibiarkan kosong. Untuk bagian bawah terdapat diorama lukisan mengenai GBN. Sedangkan bagian atas berdiri kokoh seorang prajurit TNI menggunakan senjata laras panjang lengkap dengan bayonet dan tidak lupa membawa ransel. Patung ini menghadap ke arah Barat Laut.

Di areal sekitar GBN Lebaksiu ini banyak ditemui sentra kuliner yang wajib dicoba. Seperti tahu aci, sate kambing muda, lengko, olahan ikan air tawar, dan lain sebagainya.

 






Radius 10 KM dari GBN Lebaksiu



comments powered by Disqus

Lokasi

Tikungan GBN Lebaksiu Lor, Kecamatan Lebaksiu