Jos Soedarso

  2757 kali   6°51'21.6"S 109°8'17.1"E

Monumen Jos SoedarsoMonumen Jos Soedarso atau Yos Sudarso sudah sangat familiar di kalangan warga Tegal, terutama yang tinggal di Kota Tegal. Monumen ini berada tepat di bagian depan gedung DPRD kota Tegal atau bisa disebut juga dengan kawasan Balaikota Lama. Patung Jos Soedarso ini dibuat oleh seniman Sapto Hudoyo dari Yogyakarta.

Monumen ini didirikan sebagai penghormatan bagi para pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Laur Aru tanggal 15 Januari 1962. Dalam pertempuran yang penuh heroik itu gugur Deputi Kasal Komodor Jos Soedarso, Kapten Laut Wiratno, Kapten Laut Memet Sastrawiria, Letnan Muda Tjiptadi dan  21 orang anak buah kapal KRI Macan Tutul lainnya. Disamping itu pembangunan monumen di kota Tegal ini juga bermaksud untuk mengenang jasa-jasa para pahlawat laut yang telah berjuang di kota Tegal pada masa Perang Kemerdekaan.

Monumen tugu Jos Soedarso dibangun pada tahun 1968 di Kota Tegal dan diresmikan pada tanggal 15 Januari 1959 oleh Deputy Khusus Laksamana Muda Laut Suharno bertepatan dengan peringatan Hari Dharma Samudera.

Tugu berupa piramida yang terpotong dibuat dari beton yang dibagian luarnya dilapisi marmer hitam dan dibagian atasnya dibangun dukungan patung segi empat yang merupakan leher tugu. Bagian puncak tugu ini adalah patung dada Komodor Jos Soedarso yang dibuat dari bahan perunggu. Tinggi keseluruhan tugu mencapai 9 meter dan terletak pada areal seluas 49 meter persegi. Patung menghadap ke utara arah Laut Jawa, di bagian tengah depan terdapat simbol ALRI dan dibawahnya terdapat nama-nama Pahlawan Laut Aru yang gugur serta prasasti peresmian.






Radius 10 KM dari Jos Soedarso



comments powered by Disqus

Lokasi

Kawasan DPRD Kota Tegal