Rumah Wayang 2

Kabupaten Tegal / Slawi / Slawi Kulon
  5794 kali   6°59'17.6"S 109°8'6.7"E

Rumah Wayang 2, Slawi, tegalRumah Wayang 2 ini merupakan "cabang" dari Rumah Wayang yang ada di Bengle. Rumah Wayang 2 ini didirikan semenjak Ki Enthus Susmono menjadi Bupati Tegal dan pindah ke Rumah Dinas (Rumdin) Bupati yang ada di Slawi. Sehingga lokasi Rumah Wayang 2 ini berlokasi di areal rumah dinas beliau. Namun meskipun sebagai rumah dinas, lokasi ini bisa dikunjungi untuk umum.

Koleksi-koleksi yang dihadirkan pun tidak jauh berbeda dengan yang ada di Bengle, namun jika kita perhatikan, koleksi-koleksi yang ada di Rumah Wayang 2 lebih baru dan berwarna dan biasanya koleksi tersebut yang sering digunakan Ki Enthus ketika mendalang.

Dinding Rumah Wayang 2 terbuat dari gribig (dinding dari anyaman bambu ) dan lantainya masih menggunakan paving block. Karena di dalam ruangan tersebut banyak benda-benda yang mudah terbakar, maka tidak diperkenankan untuk merokok di dalamnya.

Selain melihat koleksi wayang, ada juga set gamelan yang bisa digunakan, namun tentu saja dengan ijin terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga pada saat itu. Set galeman tersebut ada di Pendopo Rumdin, di pintu masuk Pendopo terdapat sebuah kereta kencana yang cocok untuk berfoto-foto.

Tidak ada biaya khusus untuk melihat-lihat Rumah Wayang 2. Karena memang terbuka untuk umum, dan biasanya rame pada saat sore hari. Karena tepat di sebelah barat Rumdin terdapat lapangan yang digunakan warga sekitar untuk beraktifitas.

Sembari mengajak buah hati atau kawan berjalan-jalan di Slawi, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak di Rumah Wayang 2 ini :)

 Museum 





Radius 10 KM dari Rumah Wayang 2



comments powered by Disqus

Alamat

Rumah Dinas Bupati Tegal