Makam Raden Mas Hanggawana

Kabupaten Tegal / Dukuhwaru / Kalisoka
  6480 kali   6°57'3.3"S 109°6'50.7"E

Makam Hanggawana Kalisoka TegalRaden Mas Hanggawana menggantikan tugas dari bapaknya, Ki Gede Sebayu yang telah wafat. Kepemimpinan Raden Mas Hanggawana  mulai tahun 1620 hingga tahun 1625.

Banyak hal yang dilakukan oleh Raden Mas Hanggawana dalam memimpin Tegal. Yaitu seperti mengembangkan pertanian, membuat bendungan (Kali Bleruk, Kali Kembang, Kali Jembangan, dan Kali Wadas) dan irigasi yang mengairi sawah-sawah penduduk.

Karena pada saat itu Mataram dalam keadaan genting, maka Sultan Agung mengangkat Tumenggung Tegal sebagai Adipati Tegal yang ketiga, sedangkan Raden Mas Hanggawana ditempatkan sebagai sesepuh Tegal yang mengurus urusan dalam kadipaten.

Raden Mas Hanggawana wafat dan dimakamkan di daerah Kalisoka. Posisi makam Raden Mas Hanggawana tepat di belakang Masjid Kasepuhan Ki Ageng Anggawana. Makam beliau dikelilingi dengan pagar batu bata setinggi kira-kira 120 cm dan dalam keadaan tertutup oleh bangunan beratapkan genting. Daerah tersebut juga merupakan komplek pemakaman warga sekitar. Suasana sekitar juga sejuk dan asri, tidak banyak pohon-pohon besar yang memberikan kesan angker. Untuk masuk ke bangunan utama, setidaknya kita mengadakan janjian terlebih dahulu kepada sang juru kunci makam, mengingat pada hari-hari biasa, bangunan tersebut dikunci rapat.

Pada tanggal-tanggal tertentu, sering diadakan khaul untuk mengenang Raden Mas Hanggawana. Peserta khaul tidak hanya dari Tegal saja, namun dari luar kota. Terlebih posisi komplek makam ini berada dipinggir jalan desa, maka semakin banyak orang yang berziarah maupun hanya sekedar ingin tahu makam dari orang yang bersejarah di Tegal.

Sumber: Buku Babad Negari Tegal

 Makam 





Radius 10 KM dari Makam Raden Mas Hanggawana



comments powered by Disqus

Lokasi

Masjid Kesepuhan Ki Ageng Anggawana Jalan Raya Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru, Kab Tegal.