Menilik Pantai Muarareja Kota Tegal

  4941 kali  

Pantai Muarareja TegalPANTAI adalah salah satu objek wisata yang sering dikunjungi. Keindahan pantai memang menjadi daya pikat tersendiri. Hamparan pasir, deburan ombak, kapal-kapal nelayan atau pemandangan seperti gunung dapat terlihat dari pantai. Selain itu biaya yang murah menjadi salah satu alasan banyak orang berlibur ke pantai.

Keindahan pantai bisa dikenal dan dirasakan oleh para pengunjung jika dikelola dengan baik. Pantai yang bersih dan fasilitas yang memadai tentu akan menjadi pantai yang banyak dicari para wisatawan dan menjadi tujuan saat berlibur.

Sadar tidak memiliki potensi wisata pegunungan, karena berada di daerah pesisir, salah satu potensi wisata alam yang dimiliki Kota Tegal, dan selama ini menjadi tujuan wisata masyarakat sekitar yakni potensi keindahan pantai.

Seperti diketahui Kota Tegal memiliki dua obyek wisata pantai, yang banyak dikunjungi warga dari berbagai daerah. Dua obyek wisata pantai yang dimiliki Kota Tegal, Pantai Alam Indah (PAI) dan obyek wisata Pantai Muarareja.

Meski namanya tidak setenar PAI, namun keberadaan pantai di sebelah barat Kota Tegal, yang selama ini dikenal dengan nama Pantai Muarareja, tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di daerah sekitarnya. Dengan hamparan pasir di sepanjang pantai, ditambah lebatnya pohon bakau yang banyak tumbuh di pinggiran pantai dan juga nyiur yang melambai-lambai di sepanjang pantai, semakin menambah keindahan Pantai Muarareja. Banyak wisatawan lokal yang menghabiskan liburan mereka di Pantai Muarareja.

Menurut Hardjo, yang bertempat tinggal di pinggir Pantai Muarareja, selain dikunjungi wisatawan, setiap hari pantai ini didatangi pemancing dari daerah sekitar. Jumlah para mancing mania yang datang, kalau cuaca lagi lumayan bagus, mencapai puluhan orang.

Selain mancing di ujung muara laut tidak sedikit pengunjung yang memilih mancing di area petambakan milik penduduk setempat. "Kalau cuaca sedang baik pemancing yang datang itu ya lumayan banyak. Selain pengunjung warga sekitar," kata Hardjo, kemarin.

Kalau pantai lain, sekitarnya dikelilingi beragam bangunan, di Pantai Muarareja tidak ada satu bangunan terlihat di sana. Yang terlihat rimbunnya tumbuhan bakau atau mangrove serta pohon - pohon cemara.

"Di sini sambil menikmati deburan ombak, juga mendengarkan ramainya bermacam jenis burung. Kalau kebetulan lagi pusing karena memikirkan pekerjaan dan kesibukan lain untuk kesegaran saya memilih datang ke pantai," kata pengunjung pantai Budi Gunawan.

Bagi yang ingin menikmati kuliner ikan bakar di pinggiran pantai, ada pedagang yang menjual ikan bakar. Selain ada yang menjual makanan ringan lainnya. Termasuk minuman kelapa muda.

Sambil menikmati menu ikan bakar, pengunjung sekaligus menyaksikan keindahan Laut Jawa. Pantainya yang bersih dan jauh dari perkotaan sehingga pantai ini selama musim liburan banyak dikunjungi.

Bersamaan datangnya musim libur sekolah Pantai Muarareja, yang masuk wilayah Kelurahan Muarareja ini setiap hari banyak dikunjungi para wisatawan. Terlebih pada hari Minggu, pengunjung yang datang cukup banyak. Selama musim liburan ini sepanjang pantai dipenuhi pengunjung. Wisatawan yang datang berkunjung selain kalangan anak muda tidak sedikit pengunjung dari keluarga.

Sambil menikmati keindahan pantai tidak sedikit pengunjung, khususnya anak - anak memanfaatkan waktu berkunjung sambil bermain pasir di tepian pantai. Selain ada yang memilih mandi di laut. Wisatawan yang datang ke Pantai Muarareja, tidak dibebankan tarif masuk.

Namun pengunjung dapat memberikan secara sukarela berapa pun nilainya. Uang yang terkumpul dari pengunjung atau wisatawan selanjutnya digunakan untuk perbaikan jalan masuk.
(abidin abror/duh)

Sumber: Radar Tegal 29 Desember 2014

 






comments powered by Disqus