Keindahan PAI Perlu Dijaga Bersama

  1873 kali  

PAIDua obyek wisata pantai yang dimiliki Kota Tegal, masing-masing Pantai Alam Indah (PAI) dan sebelah baratnya, Pantai Muarareja Kecamatan Tegal Barat, merupakan potensi yang perlu dilestarikan. Setiap hari ramai dikunjungi wisatawan. Baik domestik atau dari daerah sekitarnya.

Sayangnya, di lapangan banyak ditemukan sampah. Kondisi pantai sekarang berbeda dengan sepuluh tahun yang lalu, yang sangat indah dan nyaman. Seiring perkembangan di sekitar pantai, dengan banyaknya bangunan permanen, selain menjamurnya para pedagang.

Kelsetarian dan keindahan pantai, menurut pengunjung, Mufid, harus dijaga supaya memberikan kenyamanan. Ketika bersih dan indah, akan menarik pengunjung datang ke onyek wisata tersebut. "mari kita jaga keindahan pantai yang kita miliki. Jangan membuang sampah sembarangan".

Di sisi lain, bersamaan datangnya musim penghujan, sejumlah sungai yang mengalir di wilayah kelurahan, membawa tumpukan sampah. Baik dari rumah tangga atau ranting pohon dan sampah industri. Ditambah buangan limbah kapal. Otomatis akan mengotori daerah pantai. "Kaerna itu saya mengajak masyarakat, khususnya generasi muda, lebih peduli dan peka terhadap lingkungan sekitar. Sebab pantai yang indah jadi dambaan setiap pengunjung," imbuhnya.

Sebaliknya, bila terlihat kotor, penuh sampah, kondisi itu tersebut menurut tokoh masyarakat, Sucipto, emngurangi minat pengunjung untuk datang. "Kita harus mempunyai kesadaran secara bersama-sama menjaga kebersihan pantai".

Lebih lanjut dia menjelaskan, pantai yang bersih dan rindang, memacu ekonomi masyarakat setempat. Setidaknya barang dagangan yang dijajakan, laris dibeli pengunjung, dan mendapat keuntungan. (din).

Sumber: Radar Tegal 11 Januari 2014






comments powered by Disqus