Menilik Keindahan Pantai Muarareja Lebih Indah dan Menyenangkan

  2598 kali  

Pantai Muareraja TegalMESKI tidak memiliki keindahan alam pegunungan, seperti di daerah tetangga. Bukan berarti Kota Tegal, tidak mempunyai wisata alam. Sebagai wilayah pesisir, salah satu potensi yang diandalkan, dan jadi tujuan wisata masyarakat sekitar, yakni Pantai Alam Indah (PAI), serta Pantai Muarareja.

Walaupun namanya tidak setenar pantai sebelah timur. Keberadaan pantai di sebelah barat Kota Tegal, yang selama ini dikenal dengan nama Pantai Muarareja, keindahannya tak kalah dengan sekitarnya. Pantai itu memang indah. Dengan hamparan pasirnya, ditambah lebatnya pohon bakau, yang banyak tumbuh di pinggiran pantai, nyiur melambai-lambai, menambah keelokan lokasi tersebut. Tak sedikit wisatawan lokal, menghabiskan liburan mereka di tempat ini.

Berdasarkan pantauan Radar, pantai yang berada di Kelurahan Muarareja, setiap hari tak pernah sepi. Para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai, dan hamparan pasir begitu luas. Pantainya memanjang dari timur hingga barat.

Angin sepoi-sepoi di pantai tersebut, membuat pengunjung merasa lebih rileks. Lokasi itu cocok jadi tempat berlibur bersama keluarga. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah hamparan laut. Birunya air dengan keindahan ombak saling berkejaran, kian menambah kedamaian.

Disamping itu, pengunjung juga dapat menyaksikan burung camar bermain riang. Sambil terbang mengitari kapal nelayan, satwa-satwa mencari mangsa berupa ikan kecil. Sambil duduk di tepian pantai, orang pun dapat melihat hilir-mudik kapal dalam usahanya mencari ikan. Keberadaan kapal kecil yang biasa bersandar, biasa disebut sebagai kapal tulak. Setiap hari jumlah yang keluar-masuk Pantai Muarareja mencapai puluhan unit.

Untuk menikmati keindahan pantai, masyarakat cukup berdiri di atas tumpukan batu, yang berfungsi sebagai penahan gelombang atau growing. Di situ, pengunjung dapat menikmati segarnya angit laut yang kencang, dan ombak yang menghempas ke bibir pantai.

Pantai Muarareja dengan bibir pantai yang luas. Sangat cocok untuk duduk santai, berjemur, atau berlari-lari kecil, sambil bercanda dengan keluarga atau rekan. Selain itu, pantai tersebut keadaannya cukup tenang, jauh dari bisingnya kendaraan.

Menurut Purniasih, yang sehari-hari berdagang di pinggiran Pantai Muarareja, selain dikunjungi warga, setiap hari banyak didatangi pemancing dari daerah sekitar. Jumlah mereka yang datang pas cuaca bagus hingga puluhan orang. "Kalau cuaca baik, pemancing yang datang lumayan banyak. Selain pengunjung
warga sekitar," ujarnya, kemarin.

Bila pantai lain, di sekitarnya banyak bangunan, tapi di Pantai Muarareja, sepanjang lokasi tersebut tidak ada satu yang menonjol. Karena yang terlihat berupa rimbunnya tumbuhan bakau atau mangrove, serta pohon cemara.

"Di sini, sambil menikmati deburan ombak, juga mendengarkan ramainya jenis burung. Kalau kebetulan lagi pusing, karena memikirkan pekerjaan dan kesibukan lain, kesegaran saya memilih datang ke pantai," papar pengunjung lain, Budi Gunawan.
(abidin abror).

Sumber: Radar Tegal 05 Desember 2013






comments powered by Disqus