Kerupuk Mie Wedi

  3522 kali  

Kuliner Kerupuk Mie Wedi tegalKerupuk mie? Ah biasa, Kerupuk Mie Wedi? Itu baru luar biasa Kerupuk ini merupakan salah satu kuliner khas Tegal yang banyak diproduksi di wilayah Kecamatan Adiwerna dan Kecamatan Dukuhwaru. Kerupuk yang berbentuk bulat dan berjaring ditengahnya ini bahan dasarnya sama dengan kerupuk lainnya. Namun rasanya lebih nikmat karena dibuat secara manual. Sehingga rasanya lebih “sedep” kata orang Tegal.

Kerupuk Mie ini berbumbu bawang, sama dengan Kerupuk Antor. Proses penggorengannya pun sama, menggunakan pasir. Jadi rasanya selain renyah, juga gurih. Selain itu juga kolesterolnya rendah.

Penjualan kerupuk ini biasanya ada yang dalam bentuk bungkus kecil, adapula yang yang bungkus sedang dan bungkus besar. Atau biasa disebut “bal”. yang bungkus besar biasanya gampang ditemukan di pasar-pasar tradisional, bisa untuk dijual kembali ataupun untuk oleh-oleh saudara atau teman di luar kota.
Kerupuk Mie Wedi ada yang hanya satu warna, hijau kekuningan, ada pula yang berwarna merah muda dalam satu bungkusnya. Yang paling banyak dicari adalah kerupuk yang berwarna-warni dan berbumbu banyak! Jika bumbunya banyak, dijamin deh, jari tangan kita akan penuh bumbu yang menempel dan akan gregetan untuk mengulum tangan kita hingga bersih. :D

Kerupuk Mie Wedi biasanya disandingkan dengan Sambel Gaul. Atau dengan urab. Atau bisa juga dengan saos sambal. Jika sudah begitu, satu saja tidak cukup.






comments powered by Disqus