Sega Lengko

  2856 kali  

Nasi LengkoPada dasarnya, lengko merupakan makanan khas daerah pantai utara (pantura) seperti Indramayu, Cirebon, Brebes dan Tegal. Makanan ini bisa dibilang cukup sederhana. Karena penuh protein tapi  rendah kalori. Juga bisa dipake sebagai alternatif makanan para vegetarian. Lengko lebih dikenal dengan nama nasi lengko, atau sega lengko. Sebenernya, buat yang gak terlalu suka nasi, lengko ini juga bisa diganti dengan lontong. Jadilah namanya lontong lengko.

Isi dari lengko ini sendiri selain nasi (sega) atau lontong, terdiri dari irisan tahu dan tempe goreng yang dipotong dadu, irisan mentimun segar yang dipotong dadu, kol segar yang diiris lembut dan tauge rebus, bahan-bahan tersebut ditata rapih diatas nasi putih panas atau lontong disajikan diatas piring kemudian disiram dengan bumbu kacang seperti bumbu pecel yang pedasnya bisa disesuaikan selera, taburan bawang goreng dan kecap manis. Juga ditambah dengan remasan kerupuk atau emping di atasnya.

Sebagai teman makan, lengko biasa disuguhkan dengan tempe mendoan dan teh manis hangat sebagai pelengkap. Selain sebagai menu sarapan, lengko juga banyak dijual sore hari menjelang malam sebagai alternatif makan malam. Banyak juga warung-warung makan yang menyediakan lengko sebagai menu utama mereka.






comments powered by Disqus