Sauto Tegal

  4213 kali  

Soto TegalSauto, yang konon merupakan gabungan dari soto dengan tauco ini memang khas  Tegal. Tauco adalah bumbu berbahan dasar dari kedelai. Warnanya coklat tua dan rasanya agak asam dan khas!

Soto Tegal ini sendiri diracik dan dibagi menjadi 3 rasa. Antara lain soto ayam, soto babat atau soto campur. Jadi, apabila pesan di warung dan ditanya ingin pesan apa, jangan segan-segan ya buat pesen salah satu menu yang disebut diatas. Bisa soto ayam, babat maupun campur. Kalau campur, tentu aja isi soto ini adalah campuran antara ayam dan babat. Tapi tetap menggunakan tauco.

Yang unik, soto tauco disajikan menggunakan mangkok khusus, hampir mirip denganmangkuk Usuicha yang biasa dipake sama orang Cina buat upacara minum teh. Jadi, mangkok soto tegal tidak seperti mangkok jago khas tukang bakso ya. Sendoknya juga bukan sendok biasa, tapi pake sendok bebek. Sendok bebek ini sebenarnya khas dari Tiongkok dan biasa dipake buat makan sup panas karena bentuknya yang lebar. Kenapa disebut sendok bebek? Ya karena bentuk sendoknya ini sama seperti paruh seekor bebek.

Susunan isi dari semangkuk soto tegal ini adalah nasi, nasi ini optional yaa, karena bisa digantikan menggunakan lontong. Setelah nasi, isi lainnya adalah tauge. Tauge ini sebelum disajikan biasa disiram menggunakan air panas dulu sampai layu. Jadi, tidak disajikan secara mentah supaya lebih mudah dikonsumsi. Setelah itu masukan 2 sampai 3 sendok makan tauco, suwiran ayam, atau potongan daging babat atau campuran keduanya, siraman kuah soto, taburan daun bawang yang ekstra banyak, dan bawang goreng. Sebagai pelengkap rasanya bisa ditambahkan sambel, kecap atau kalo yang suka sensasi asem bisa ditambahin perasan jeruk nipis.

Jadi jangan heran dengan tampilan Sauto Tegal yang menggunakan mangkok kecil namun isinya sampai penuh menjulang, serasa mau tumpah. Namun apabila dirasakan, kata Pa Bondan, Mak Nyus!






comments powered by Disqus