Olos

  2884 kali  

olosOlos juga merupakan makanan tradisional Tegal. Olos ini sendiri tepatnya berasal dari desa Jatirawa Kecamatan Tarub. Jajanan ini sebenernya sebuah jajan yang berevolusi dari risoles. Nah awalnya, Bu Khotiah ini berniat membuat risoles. Tapi karena risoles bentuknya persegi panjang jadi kayaknya terlalu rumit untuk dibuat. Makanya beliau memutuskan buat adonan berbentuk bulan dengan isi sayuran didalamnya.

Makin lama, olos makin berkembang. Olos asli terbuat dari adonan tepung kanji dan terigu yang diaduk sampai kalis dan bisa dibentuk bulat sebagai kulit olos dan diisi dengan adalah irisan kubis atau kol yang diiris lembut, daun bawang dan irisan cabe rawit yang lumayan banyak. Diamkan bola-bola olos ini selama beberapa menit sebelum digoreng dalam minyak panas sampe kuning keemasan.  Irisan cabe rawit dalam olos inilah yang menghasilkan sensasi rasa pedas dan gurih sewaktu olos ini di gigit dan masuk ke dalam mulut.

Dari perkembangan olos, isi olos tidak lagi hanya irisan daun kol. Tapi makin bervariasi. Mulai dari suwiran daging ayam, irisan bakso, sosis, dan masih banyak. Terlepas dari apa isi olos ini, ciri khasnya selain berkulit tepung aci, juga irisan cabe rawit yang lumayan dominan. Jadi, buat yang suka banget makan pedes, nyobain olos wajib hukumnya!






comments powered by Disqus