Sedekah Bumi Margadana

  1114 kali  

Sedekah Bumi Margadana, tegalSelain Sedekah Laut Muarareja, Ruwatan PAI, dan Sedekah Pelabuhan Tegal, Kota Tegal juga memiliki tradisi tahunan sendiri yang dilakukan setiap bulan Suro, yaitu Sedekah Bumi Margadana. Sedekah yang dilakukan dilakukan di Margadana berbeda dengan sedekah lain yang ada di kecamatan di wilayah Kota Tegal lainnya, karena mata pencaharian penduduknya lebih banyak bertani dan berkebun, sehingga lebih menampilkan gunungan hasil bumi (sayuran dan buah-buahan) dan nasi tumpeng.

Tak hanya arak-arakan gunungan saja, namun ada juga pagelaran wayang golek, pertunjukan kesenian daerah, barongan, pawai ta’aruf dan pembagian gunungan dan nasi tumpeng. Saat pembagian gunungan hasil bumi dan nasi tumpeng, menjadi momen yang sangat dinanti oleh warga. Karena ketika gunungan dan nasi tumpeng tersebut dibagikan, serta-merta warga akan berebut untuk mendapatkannya. Sebagian warga percaya akan mendapatkan berkah apabila mendapatkannya.

Tradisi yang sudah dilaksanakan turun-temurun ini menjadi salah satu ungkapan rasa syukur warga kepada nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa atas hasil panen yang meimpah. Di tahun ini, 2016, tradisi ini dilangsungkan di sepanjang Jl. Prof. Buya Hamka, Margadana, Kota Tegal.

Sumber foto: Pemkot Tegal






comments powered by Disqus