Pawai Taaruf Tegal

  1314 kali  

Pawai Taaruf TegalPawai Ta’aruf merupakan salah satu tradisi umat muslim di Tegal dalam rangka memperingati tahun baru Islam yang biasanya dilaksanakan pada tanggal 1 Muharram. Hampir sama dengan pawai di kota lain, pawai di Tegal ini selalu ditunggu-tunggu dan membuat sebagian jalan ditutup sementara. Sehingga tidak kalah ramai dengan peringatan tahun baru masehi.

Pawai ini bisa dibilang sangat spesial, karena hampir sebagian umat muslim dan non muslim tumpah ruah menjadi satu dalam mengikuti acara ini. Acara ini tidak hanya sekedar pawai, namun dibuat konsep yang menarik setiap tahunnya. Biasanya ada pawai obor, karnaval, keseniah tradisional, hadroh, marching band, pawai kendaraan, ada juga tabligh akbar di pusat peringatan acaranya dan ada pesta kembang api.

Tua muda hingga anak-anak turut andil di dalam acara ini. Acara yang biasanya diselenggarakan di malam hari ini memiliki makna sendiri lho. Seperti penggunaan obor yang diartikan hijrah dari jaman kegelapan ke zaman yang terang benderang. Peserta pawai pun menggunakan busana muslim, baju adat hingga kostum ala timur tengah. Bahkan dalam karnaval sering juga terdapat patung unta raksasa. Sangat menarik bukan?

Pawai Ta’aruf ini jika di Kota Tegal, kegiatannya tersentral di satu tempat. Yang biasanya dilaksanakan di Alun-alun Tegal atau AAT. Namun sayangnya di Kabupaten Tegal, peringatan seperti ini belum tersentral dengan baik karena setiap kecamatan atau desa membuat pawai sendiri-sendiri.

Namun apapun itu, pawai ini selain sebagai ungkapan rasa syukur, juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi dan upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi, sampai jumpa di Pawai Ta’aruf tahun depan!

Foto: Adepratama






comments powered by Disqus