Wisata Murah Meriah di Polder Bayeman, Kaligangsa, Kota Tegal

  5479 kali  

Polder Bayeman Kaligangsa TegalBERSAMAAN dengan datangnya musim penghujan, air polder yang terletak di Dukuh Bayeman, berbatasan dengan Kabupaten Brebes, masih normal. Menurut petugas jaga polder Darto, ketinggian air Polder Bayeman Kaligangsa mencapai sekitar 150 m. Meski dalam beberapa hari kerap turun hujan, namun ketinggian air polder masih biasa saja.

"Kalau ketinggian air mencapai 250 m, air akan meluap ke luar," tutur Darto kemarin.

Namun sejauh ini keadaan air di polder keadaannya masih normal-normal saja. Selain sebagai tempat penampungan air, Polder Bayeman pada musim liburan sekolah, setiap hari banyak dikunjungi warga sekitar.

Selain sebagai tempat penampungan air daerah sekitar polder, kini dijadikan sebagai kawasan hijau dengan ditanami aneka macam tumbuhan. Tempatnya yang rindang dan bersih sehingga kawasan ini banyak diminati para pemancing. Sebagian besar ikan yang ada di Polder Bayeman adalah dari jenis ikan air tawar.

Bahkan seorang pemancing pernah mendapat ikan kakap yang besarnya hingga 4 Kg. Pengunjung yang datang ke polder Bayeman tidak dipungut bayaran dan bisa menikmati keindahan polder sepuasnya.

Bersamaan tingginya curah hujan, area pesawahan di sekitar polder, yang pada musim kemarau mengalami kekeringan, airnya itu cukup melimpah.

Bahkan sebagian petani sudah melakukan penanaman benih palawija.

Sejauh mata memandang area pesawahan di wilayah  setempat kini dipenuhi genangan air. Diharapkan dengan datangnya musim penghujan, petani kembali melakukan penanaman bawang dan palawija.

Sebelum dibangun polder, wilayah Dukuh Bayeman yang berbatasan dengan Dukuhturi Kabupaten Tegal menjadi langganan banjir. Banjir yang menggenangi wilayah sekitar air menurut tokoh masyrakat Supardi, merupakan air hasil kiriman dari wilayah selatan. Selain merendam puluhan hektar area pesawahan milik petani, banjir juga merendam sebagian pemukiman warga setempat.

Kini setelah dibangunnya polder atau waduk kecil, luapan air selanjutnya bisa ditampung di polder. Saat para petani membutuhkan air dari polder, air bisa dialirkan ke area pesawahan. Sebaliknya saat air melimpah bisa dialirkan ke Sungai Kaligangsa, yang tak jauh dari polder.

Seperti diketahui polder adalah suatu bangunan hidrolik yang dibangun dengan tujuan mengeringkan suatu kawasan yang terendam. Dibangunnya polder Dukuh Bayeman, dapat mengatasi banjir yang kerap terjadi bersamaan datangnya musim penghujan. (*/duh)

Sumber: Radar Tegal 27 Desember 2014






comments powered by Disqus