Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kabupaten Tegal

  3723 kali  

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) TegalINDONESIA merupakan salah satu pemilik tanaman obat terbesar di dunia dan bisa dikatakan sebagai laboratorium tanaman obat. Indonesia memiliki sekitar 80% tanaman herbal dari seluruh total yang ada di dunia. Sekitar 35.000 jenis tumbuhan tingkat tinggi tumbuh di Indonesia dan sekitar 3500 diantaranya telah dilaporkan sebagai tumbuhan obat, yang dapat dipergunakan sebagai Jamu.

Jamu adalah obat tradisional yang disediakan secara tradisional, yang berisi seluruh bahan tanaman yang menjadi penyusun jamu tersebut, higienis (bebas cemaran) serta digunakan secara tradisional.

Jamu tradisional adalah jamu yang terbuat dari bahan-bahan alami. Seperti dari tumbuh-tumbuhan yang diracik menjadi serbuk jamu dan minuman jamu.Tujuannya sebagai khasiat kesehatan dan kehangatan tubuh.

Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Ada juga menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing, empedu ular, atau tangkur buaya. Seringkali kuning telur ayam kampung juga dipergunakan untuk tambahan campuran pada jamu gengong maupun jamu seduan.

Kabupaten Tegal dengan Bimbingan dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Tawangmangu telah mengembangkan Obyek Wisata Kolam renang Kalibakung Kab Tegal menjadi WISATA KESEHATAN JAMU (WKJ).

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) merupakan keterpaduan program Kesehatan, Pendidikan, dan Wisata .

Klinik Sanitifikasi Jamu

Klinik Saintifikasi jamu di WKJ didukung oleh tenaga dokter yang telah mengikuti berbagai pelatihan berbasis herbal, apoteker yang berpengalaman dalam formulasi tanaman obat, asisten apoteker serta tenaga laboratorium kesehatan, perawat, dan tenaga kesehatan masyarakat sebagai penyuluh.

Jamu yang digunakan berupa racikan simplisia, serbuk dan juga ekstrak tanaman obat yang telah diteliti khasiat dan keamanannya melalui uji praklinik dan atau observasi klinik. Jadwal Klinik Saintifikasi Jamu:
Hari : Senin – Sabtu
Waktu : 08.00 - 13.00 WIB
Biaya Pendaftaran : Rp. 8.000,-
Biaya Resep Jamu : Rp. 15.000,-
Lokasi Klinik Saintifikasi Jamu Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung Jl. Kalibakung km 7 Kabupaten Tegal.

Klinik saintifikasi jamu merupakan klinik medis dengan standar pelayanan konvensional, tetapi untuk terapinya menggunakan jamu, prosedur pelayanan sama dengan prosedur pelayanan klinik pada umumnya. Pasien datang mendaftar , diperiksa dokter kemudian diberi oleh apoteker jamu berdasarkan resep dokter. Resep berupa jamu herbal yang dapat ditebus di griya jamu klinik saintifikasi jamu. Ayo ke WKJ!!! (Adv).

Sumber: Radar Tegal 14 November 2014






comments powered by Disqus