Penghijauan Pantai Alam Indah Terus Berlangsung

  1802 kali  

Pantai Alam Indah TegalPROGRAM penghijauan terus digalakkan. Selain perkotaan, juga Obyek Wisata Pantai Alam Indah. Sasarannya sepanjang bibir pantai, khususnya sebelah timur. Sejauh ini, kondisi lokasi tersebut belum banyak tanaman.

Karena itu, untuk menyuburkan kawasan pantai, kemarin, Lanal Tegal meninggikan posisi daratan. Sehingga pantai yang selama ini jadi langganan banjir saat rob, mudah ditanam sejumlah pohon peneduh.

Proses peninggian menggunakan alat berat, seperti begho dan truk. Pantai sebelah timur yang rendah, selanjutnya diuruk tanah. Begitu posisinya agak tinggi, selanjutnya dilakukan penghijuan.

Proses penghijaun, rencananya dilaksanakan awal Maret 2104. Lanal Tegal bakal menanam ribuan pohon di kawasan pantai sebelah timur. Dengan aksi tersebut, daerah sekitar lokasi sabuk hijau, nantinya tumbuh ribuan pohon rindang.

Sebelumnya, Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) menggelar aksi bersih-bersih pantai sebelah timur, sekitar pukul 08.00. Tumpukan sampah berupa ranting pohon, yang banyak berserakan sepanjang lokasi, pagi itu langsung dibersihkan. Bersamaan dengan itu juga dilakukan penanaman di pantai masuk Kelurahan Panggung.

Menurut Kasie Promosi dan Pengembangan Wisata Disporabudpar Ading Abdul Kadir SH, aksi bersih-bersih pantai dari sampah, kelanjutan dari kegiatan sebelumnya. Karena sampah yang terbawa ombak terus berdatangan, dan membanjiri kawasan tersebut. Sehingga perlu diambil langkah antisipasi.

Dari aksi bersih-bersih, kondisi pantai akan indah dan sedap dipandang mata. "Semua itu dilakukan, agar pantai tetap bersih." (din)

Sumber: Radar Tegal 22 Februari 2014






comments powered by Disqus