Tiga Obyek Wisata di Kabupaten Tegal Bakal Dibenahi

  1742 kali  

Wisata Waduk CacabanSlawi - Tiga obyek wisata di Kabupaten Tegal bakal dibenahi dalam tahun ini. Tiga obyek wisata itu antara lain, Pemandaian Air Panas Guci, Waduk cacaban, dan Pantai Purin. "Khusus di Guci, kita akan mengatasi kesemrawutan arus lalu lintas menuju obyek wisata itu," kata Plt Kepala DInas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Tegal, Chusnanupik.

Dia mengatakan saat itu Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meninjau Obyek Wisata Waduk Cacaban, kemarin. Menurut Chusnanupik, Pemkab rencananya akan membuat jalur baru untuk menuju ke Guci. Dengan adanya jalur baru tersebut nantinya ada pemisahan antara akses keluar dan akses masuk. "Kita akan membuat terobosan baru." ujarnya.

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah menggodok pembebasan lahan untuk jalur baru tersebut. Meski demikian, dia belum merinci titik-titik mana saja yang akan dilewati jalur baru itu. "Pembebasan lahan masih kita matangkan. Itu juga harus dikoordinasikan dengan bagian instansi lain seperti DPU dan Bappeda," ungkapnya.

Selain penataan di Guci, obyek wisata lain yaitu Cacaban dan Purin juga menjadi fokus pembenahan. Di Cacaban, meski jumlah pengunjung selalu melebihi capaian target, tetapi perlu terobosan baru agar masyarakat tidak bosan. "Di Cacaban, ada wacana untuk membuat event perlombaan dayung agar masyarakat tertarik", cetusnya.

Sebelumnya, Kepala UPTD Pariwisata Cacaban dan Purin, Adi Priyono mengemukakan, pembenahan di Cacaban di antaranya pada penataan para pedagang, bumi perkemahan, dan sarana MCK.

Adapun di Purin, karena terjangan abrasi, banyak fasilitas wisata yang rusak parah. Hal itu mengakibatkan jumlah penunjung menurun. Di antaranya wahana permainan anak, anjungan, dan jalan aspal. "tahun ini, kita fokus pada pembenahan sarana dan prasarana wisata yang rusak akibat abrasi. Jika tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan pengunjung Purin terus menurun," tukasnya. (yer).

Sumber: Radar Tegal 11 Januari 2014






comments powered by Disqus