Slawi Akan Disulap Menjadi Kota Seni

  2195 kali  

Slawi- Dewan Kesenian Kabupaten Tegal akan merubah Kota Slawi menjadi Kota Seni. Untuk itu, Pengurus Dewan kesenian yang baru terbentuk ini bakal memanfaatkan enam lokasi di Kabupaten Tegal untuk tempat berkesenian. Langkah ini diharapkan bisa menumbuhkan pusat keramaian baru yang selama ini hanya terfokus di Taman rakyat Slawi Ayu (Trasa).

Ketua Dewan Kesenian, Mohammad Soleh Yusuf merencanakan bakal memanfaatkan simpul-simpul keramaian di Kota Slawi untuk kegiatan berkesenian. Bila selama ini baru terpusat di Gedung Kesenian dan Trasa, maka kedepan akan memanfaatkan empat simpul yang lain. Antara lain, GOR Trisanja, Patung Bundar GBN, Alun-alun Kabupaten Tegal, dan Alun-alun depan Rumah Dinas Bupati.

Menurut Soleh, GOR merupakan tempat yang potensial. Selain memiliki areal yang luas, kawasan sekitar juga teduh karena banyak pepohonan. Hanya saja, selama ini belum menjadi pusat kegiatan orang berkumpul.

"Kita akan memanfaatkan titik-titik tersebut agar kegiatan berkesenian lebih hidup dan lebih dikenal msyarakat umum. Selain itu juga untuk memcah keramaian yang selama ini terpusat di Trasa," ujarnya.

Menghidupkan kegiatan berkesenian juga menjadi prioritas. Dalam waktu dekat ini akan mengumpulkan semua divisi seni dalam dewan kesenian. Antara lain divisi seni musik, seni rupa, seni tari, cinematografi, teater dan sastra, seni tradisional, karawitan dan pedalangan serta divisi sosialisasi.
"Dalam waktu dekat kita akan mengundang mereka untuk berdiskusi. Tujuannya untuk membahas kegiatan seni di Kabupaten Tegal," tukasnya. (yer).

Sumber: Radar Tegal 14 Desember 2013






comments powered by Disqus