DPRD Tegal Dukung Rencana Pemkot Kembangkan Objek Wisata PAI

  918 kali  

TEGAL, suaramerdeka.com - DPRD Kota Tegal mendukung rencana Pemkot untuk mengembangkan objek wisata Pantai Alam Indah (PAI). Sebab, hal itu perlu dilakukan karena hingga kini Kota Tegal belum memiliki tempat wisata unggulan untuk bisa menarik wisatawan dari luar daerah.

Anggota Komisi I DPRD, H Harun Abdi Manaf SH, Senin (2/12) mengatakan, upaya pengembangan objek wisata PAI merupakan gagasan positif. Oleh karena itu, semua pihak perlu memberikan dukungan agar bisa terealisasi. Meskipun demikian, dalam upaya pengembangan akan membutuhkan anggaran yang besar, sehingga Pemkot harus mencari solusi yang terbaik.

"Apabila mengandalkan APBD akan sulit terealisasi karena sangat terbatas. Karena itu, Pemkot harus bisa mencari investor untuk pengembangan PAI," katanya.

Menurut dia, dengan kelengkapan sarana prasarana wisata di PAI akan memberikan dampak baik bagi daerah maupun masyarakat. Sebab, semakin meningkatnya jumlah pengunjung berarti pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata meningkat. Selain itu, perekonomian masyarakat di sekitar PAI juga secara langsung bisa terangkat.

Terkait masalah tersebut Wali Kota H Ikmal Jaya SE Ak sebelumnya mengatakan, Pemkot Tegal pada tahun 2014 berencana mengembangkan PAI. Yakni, dengan mengalokasikan anggaran mencapai Rp 100 miliar untuk perbaikan dan kelengkapan sarana prasarana wisata.

Menurut dia, anggaran tersebut antara lain digunakan untuk pembangunan tanggul pantai tinggi 1,5 meter x 7 meter sepanjang pantai dan kolam renang di laut dengan di bawahnya pasir putih, seperti Bali Mini di Kota Tegal. "Dengan upaya ini kedepan diharapkan bisa menjadi daya tarik pariwisata, sehingga wisatawan banyak yang berkunjung ke Kota Tegal," katanya.

Ikmal mengemukakan, tahun 2014 merupakan pencanangan program Tegal Wisata. Karena itu, berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan pariwisata Kota Tegal agar bisa terus berkembang dan maju.

Di objek wisata PAI juga telah ada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang selalu rutin diberi penyuluhan agar mereka bisa memelihara, menjaga kebersihan, ketertiban, kenyamanan serta melakukan sosialisasi dengan menjadi agen pariwisata. Dengan demikian, pariwisata PAI bisa menjadi magnet bagi pengunjung.
( Wawan Hudiyanto / CN31 / SMNetwork )






comments powered by Disqus