Pulau Kecil bakal Dibangun di Cacaban

  1690 kali  

SLAWI - Obyek Wisata (OW) Waduk Cacaban Kecamatan Kedungbanteng akan dilengkapi dengan empat pulau kecil. Pembangunan itu akan diproyeksikan tahun 2014 mendatang.

“(pulau kecil) itu untuk pengembangan agrowisata Waduk Cacaban,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Tegal Suharmanto, kemarin.

Menurut dia, pengembangan itu sudah melalui kajian akademik. Hasil dari kajian itu, akan mendirikan empat pulau kecil di tengah waduk untuk budidaya argo.

Luasnya diperkirakan antara 6 sampai 18 hektar.

“Target pembangunan tahun 2014 mendatang,” ujarnya.

Ketika disinggung soal debit air Waduk Cacaban, ia mengaku sudah memperhitungkannya. Artinya, ketika air melimpah, empat pulau kecil itu akan tetap aman dan tidak terendam air.

“Nantinya, di pulau kecil itu juga akan ditanami tanaman berbasis argo konservasi seperti buah-buahan,” sambung Suharmanto.

Proses pembangunan pulau kecil itu, rencananya sekaligus membangun outbound di wilayah Waduk Cacaban. Selain itu, Pemkab juga akan membangun taman serangga, hutan, dan tempat pelatihan pramuka serta wisata air.

“Agrowisata Cacaban tidak bisa berdiri sendiri. Namun harus dipadukan dengan obyek wisata di sekeliling cacaban. Termasuk wisata perahu yang banyak disewakan oleh warga sekitar.

Harapannya selain menambah daya tarik cacaban juga bisa menjadi sumber ekonomi masyarakat sekitar,” kata dia.

Ia mengatakan pembangunan infrastruktur pendukung untuk pengembangan wisata cacaban ini sudah mulai dilakukan sejak saat ini.

Yakni dengan dibangunnya jembatan penghubung yang melintas diatas Kali Cacaban Tonggara di wilayah Pangkah. Keberadaan jembatan itu diharapkan bisa membuka akses trasnportasi mulai dari mobil hingga kendaraan besar. (yer)

Sumber: Radar Tegal 19 November 2013






comments powered by Disqus