Martabak Telor Lebaksiu

  4184 kali  

Martabak telor LebaksiuTidak terlalu berbeda memang untuk kuliner yang satu ini dengan daerah lain. Mungkin yang membedakannya adalah rasanya yang mempunyai khas Tegal. Bahkan kabarnya, dalam “nggeplek” adonan martabak telor (agar menjadi lebar), mempunyai gaya tersendiri. Meskipun sama dengan martabak-martabak lain, jangan salah, kuliner khas dari Lebaksiu ini sampai melanglang buana hingga keluar Pulau Jawa. Hebat kan?

Kuliner dari India ini di bawa ke Kecamatan Lebaksiu sekitar tahun 1930-an yang tentu saja banyak dimodifikasi sesuai dengan selera orang Jawa Tengah tentunya. Banyak generasi yang meneruskan bisnis ini hingga turun temurun. Perekonomian daerah Lebaksiu juga menjadi lebih baik.

Pertama-tama, kulit martabak di “geplek” hingga menjadi lebar dan tipis. Lalu diletakan di atas wajan datar yang sudah diberi minyak panas terlebih dahulu. Lalu masukan adonan daging cincang, telur bebek, daun bawang, bumbu garam, dan penyedap rasa yang sudah dikocok terlebih dahulu. Lipat adonan hingga membentuk seperti lipatan amplop.

Pada awalnya,  martabak telor hanya ditemani oleh sebungkus acar mentimun, namun perkembangannya sekarang, selain acar, ada juga saus martabak yang berbentuk cair. Yang tentu saja rasanya pedas dan manis. Pas dilidah dan cocok dinikmati selagi hangat.

Jika suatu saat membeli martabak, jangan lupa tanyakan asal pedagangnya, jika dari Tegal, biasanya tinggalnya di daerah Lebaksiu :D






comments powered by Disqus