Ganjar: Waduk Cacaban Harus Selalu Dirawat

  1758 kali  

Ganjar Pranowo Tinjau Waduk CacabanKEDUNGBANTENG - Usai melantik bupati dan wakil bupati Enthus Susmono-Dra Hj Umi Azizah, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau waduk Cacaban di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal.

Di sana, Ganjar sempat berbincang dengan warga sekitar perihal mata pencaharian masyarakat di sekitar waduk. Ganjar meminta, waduk yang pertama kali dibangun setelah era kemerdekaan oleh Presiden RI Ir Soekarno itu, harus dirawat. "Masyarakat dan semua pihak harus ikut merawat waduk Cacaban ini," pinta Ganjar.

Menurut Ganjar, air waduk itu telah memberi manfaat bagi banyak orang, seperti irigasi, pengendali banjir, dan untuk kelancaran industri pabrik gula. "Waduk ini manfaatnya besar sekali ketika musim kemarau. Sebab, airnya bisa untuk irigasi pertanian," cetusnya.

Ganjar juga meminta kepada bupati Enthus Susmono untuk ikut merawat infrastruktur. Termasuk upaya penegakan hukum jika ada pihak-pihak yang secara sengaja merusak infrastruktur.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng, Prasetyo Budi Yuwono mengemukakan, saat ini, volume waduk Cacaban mencukupi untuk kebutuhan air para petani. Meski demikian, saat ini, tengah dilakukan perbaikan pipa pengatur air. "Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana sedang melakukan perbaikan pipa tersebut. Pipa didatangkan dari Jerman,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu, turut pula Sekda Haron Bagas Prakosa, Kepala Bappeda, Suharmanto, Kepala DPU Ir Sudaryono MT serta sejumlah pejabat di lingkungan pemprov maupun pemkab. (yer).

Sumber: Radar Tegal 9 Januari 2014






comments powered by Disqus